NOVEL BUNDA LISA KARYA JOMBANG SANTANI KHAIREN: ANALISIS SOSIOLOGI SASTRA, NILAI PENDIDIKAN KARAKTER, DAN RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Prasetya, Muhamad Hanif (2016) NOVEL BUNDA LISA KARYA JOMBANG SANTANI KHAIREN: ANALISIS SOSIOLOGI SASTRA, NILAI PENDIDIKAN KARAKTER, DAN RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Other thesis, Universitas Sebelas Maret .

[img]
Preview
PDF
Download (39Kb) | Preview

    Abstract

    Muhamad Hanif Prasetya. NOVEL BUNDA LISA KARYA JOMBANG SANTANI KHAIREN: ANALISIS SOSIOLOGI SASTRA, NILAI PENDIDIKAN KARAKTER, DAN RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) sosiologi pengarang; (2) latar sosial masyarakat; (3) tanggapan pembaca; (4) nilai-nilai pendidikan karakter; (5) relevansi novel Bunda Lisa karya Jombang Santani Khairen sebagai bahan ajar sastra di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologi sastra yang termasuk pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian dilaksanakan mulai Maret 2015 sampai dengan Januari 2016. Jenis penelitian ini adalah analisis isi karena menelaah isi suatu dokumen. Dalam penelitian ini dokumen yang dimaksud adalah novel Bunda Lisa karya Jombang Santani Khairen. Sumber data adalah dokumen dan informan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Validitas data menggunakan teknik triangulasi teori, sumber, dan reviu informan kunci. Analisis data menggunakan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sosiologi pengarang dalam novel Bunda Lisa karya Jombang Santani Khairen yang terdiri dari status, ideologi, latar belakang, posisi sosial, masyarakat pembaca yang dituju, dan keprofesionalan pengarang memengaruhi pembuatan novel; (2) sosiologi karya dalam novel Bunda Lisa karya Jombang Santani Khairen terdiri dari fenomena-fenomena dalam aspek agama dan kepercayaan, bahasa, budaya masyarakat, pekerjaan, pendidikan, dan tempat tinggal serta terdapat maksud penggambaran realistis dan sindiran (3) novel Bunda Lisa karya Jombang Santani Khairen memiliki tanggapan positif dan pengaruh bagi pembaca; (4) nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Bunda Lisa karya Jombang Santani Khairen adalah religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab; (5) novel Bunda Lisa karya Jombang Santani Khairen relevan sebagai bahan ajar di Sekolah Menengah Atas pada KD 5.1 dan 5.2 (Kurikulum 2013) serta KD 3.1, 3.2, 3.3, 3.4, dan 4.1 (KTSP) kelas XII. Kata kunci: sosiologi sastra, novel Bunda Lisa, nilai pendidikan karakter, dan bahan ajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    P Language and Literature > PC Romance languages
    P Language and Literature > PN Literature (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
    Depositing User: Ana Ana Ana
    Date Deposited: 15 Apr 2016 15:06
    Last Modified: 15 Apr 2016 15:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24846

    Actions (login required)

    View Item