Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD di Kelas VII B MTs Muhammadiyah 6 Karanganyar Tahun Pelajaran 2014/2015

IRSYAD, MUHTAR (2016) Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD di Kelas VII B MTs Muhammadiyah 6 Karanganyar Tahun Pelajaran 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (537Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Muhtar Irsyad. K1308100. Pendidikan matematika FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta. UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS VII B MTs MUHAMMADIYAH 6 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2014/1015. Skripsi. 2015. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas VII B MTs Muhammadiyah 6 Karanganyar tahun pelajaran 2014/2015 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievment division) pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII B MTs Negeri 6 Karanganyar tahun pelajaran 2014/2015. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan tes. Teknik analisis data adalah dengan teknik analisis deskriptif. Validasi data dari keaktifan siswa dengan menggunakan teknik triangulasi. Dari hasil observasi rata-rata prosentase keaktifan siswa pada siklus I 74,56% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 82,73%. Sedangkan dari hasil tes, siklus I prosentase ketuntasan siswa sebesar 39,29% menjadi 75% pada siklus II. Berdasarkan hasil observasi dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas VII B MTs Muhammadiyah 6 Karanganyar tahun pelajaran 2014/2015 pada pembelajaran matematika adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang terdiri dari lima komponen utama yaitu : presentasi, kelompok, kuis, skor individu, dan penghargaan kelompok. Hal tersebut dikarenakan dalam model pembelajaran kooperatif tipe STAD siswa terlibat aktif berdiskusi dalam kelompok yang heterogen, terlibat aktif dalam kegiatan presentasi kelas, dan adanya penghargaan kelompok. Dan dengan adanya kuis dan skor kemajuan individu dalam kelompok setiap individu berlomba memperoleh nilai terbaik untuk kelompoknya sehingga prestasi siswa meningkat.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: bibid widodo
    Date Deposited: 15 Apr 2016 14:58
    Last Modified: 15 Apr 2016 14:58
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24840

    Actions (login required)

    View Item