UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) DI SMK NEGERI 6 SURAKARTA

Mentari , Monica Dewi (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) DI SMK NEGERI 6 SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret .

[img]
Preview
PDF
Download (290Kb) | Preview

    Abstract

    Monica Dewi Mentari. UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) DI SMK NEGERI 6 SURAKARTA. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Januari 2016. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT yang dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa dan mendeskripsikan peningkatan kemandirian belajar siswa pada pembelajaran matematika dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru matematika dan siswa kelas XI Multimedia 1 SMK Negeri 6 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 28 siswa. Sumber data penelitian diperoleh dari siswa berupa aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran matematika. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi. Teknik analisis data adalah dengan teknik analisis deskriptif. Validasi data dari kemandirian belajar siswa selama proses pembelajaran menggunakan teknik triangulasi penyidik. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa proses pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT yang dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa terdiri dari kegiatan pendahuluan: apersepsi dengan dengan tanya jawab, tujuan pembelajaran dan motivasi berupa persoalan sehari-hari dan menyampaikan diakhir pembelajaran terdapat penghargaan kelompok dan kuis individu. Kegiatan inti: penyajian informasi dengan mengajak siswa membuka,membaca, dan memahami buku yang berkaitan dengan materi, guru menjelaskan berkaitan dengan materi pada buku, numbering: membagi siswa menjadi beberapa kelompok (4-5 orang) secara heterogen, mengatur posisi duduk kelompok,memberi nomor (1-5) pada masing-masing anggota kelompok secara acak, questioning: memberikan pertanyaan pada siswa berupa LKS, menjelaskan isi,tuj uan dan cara mengerjakan LKS, heads together: siswa berdiskusi dan mempersiapkan diri pada kegiatan answering, guru memandu jalannya diskusi,membantu siswa apabila terjadi kesulitan, menyampaikan batasan waktu dalam diskusi kelompok, memotivasi siswa untuk tidak putus asa, answering: siswamempresentasikan hasil diskusi kelompok dengan cara guru memanggil satu nomor, 2 siswa dengan nomor yang disebut mempresentasikan hasil diskusikelompok di depan kelas dan siswa dan lainnya menanggapi hasil presentasi, guru memberikan pertanyaan berdasar hasil presentasi, membahas hasil pekerjaan siswa, hingga seluruh nomor terpanggil, memotivasi siswa untuk tidak takut salah. Kegiatan penutup: menyimpulkan pembelajaran, penghargaan kelompok, kuis secara individu, menyampaikan materi yang akan dipelajari ada pertemuan selanjutnya. Berdasarkan hasil observasi persentase kemandiria n belajar siswa pada pra siklus sebesar 48,53%, siklus 1 mengalami peningkatan sebesar 18,97% menjadi 67,50% dan siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 15,12% menjadi 82,62%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas XI Multimedia 1 SMK Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Kata kunci :NHT, kemandirian belajar siswa, pembelajaran matematika

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Ana Ana Ana
    Date Deposited: 15 Apr 2016 14:58
    Last Modified: 15 Apr 2016 14:58
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24839

    Actions (login required)

    View Item