PEMILIHAN GEOMETRI TUBE STANDAR SEBAGAI MATERIAL UTAMA KERANGKA SEPEDA RECUMBENT MENGGUNAKAN SIMULASI ANALISIS ELEMEN HINGGA

RENGGANIS, VICKY GANIS (2016) PEMILIHAN GEOMETRI TUBE STANDAR SEBAGAI MATERIAL UTAMA KERANGKA SEPEDA RECUMBENT MENGGUNAKAN SIMULASI ANALISIS ELEMEN HINGGA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (72Kb) | Preview

    Abstract

    Struktur kerangka sepeda Short Wheelbase (SWB) Recumbent Bicycle terdiri dari beberapa elemen seperti bottom bracket, headtube, main tube, chainstay, dan drop out. Main tube pada kerangka utama sepeda ini merupakan bagian terbesar yang menghubungkan bagian satu dengan bagian lainya dari rangka sepeda, sehingga menjadi struktur utama. Pengujian rangka sepeda terutama pada bagian main tube, perlu dilakukan untuk mengetahui keamanan dari struktur tersebut. Selain itu dalam merancang kerangka sepeda perlu diperhatikan kriteria seperti berat, kekuatan dan kekakuan, dan aerodinamika dari rangka sepeda. Struktur kerangka tunggal dan posisi berkendara merebah, menunjukan bahwa sepeda ini telah memenuhi kriteria aerodinamika. Namun dari kriteria berat dan kekakuan rangka sepeda masih memerlukan perhatian khusus. Penambahan dimensi pada kerangka akan sangat berpengaruh terhadap penambahan beratnya. Sedangkan dari kriteria kekakuan dipengaruhi oleh dimensi dan geometri dari rangka tersebut, dimana berat dan kekakuan merupakan kriteria yang saling berhubungan. Kriteria-kriteria rangka sepeda tersebut dapat diketahui dengan melakukan pengujian menggunakan analisis tegangan. Metode yang digunakan dalam analisis ini adalah simulasi dengan metode analisis elemen hingga. Metode analisis elemen hingga merupakan metode yang banyak digunakan dalam pengujian struktur. Oleh karena itu dalam penelitian ini perlu dilakukan pengujian struktur pada main tube dengan bentuk penampang lingkaran (round), dan juga bentuk penampang persegi panjang (rectanguler). Model yang terpilih dalam simulasi analisis elemen hingga ini adalah model main tube menggunakan standar Japanesse Industrial Standard (JISG 3472) dengan geometri penampang berbentuk persegi panjang dan ketebalan dinding tube 1.3 mm, sebagai tube standar untuk material utama kerangka sepeda recumbent.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
    Depositing User: bibid widodo
    Date Deposited: 15 Apr 2016 14:42
    Last Modified: 15 Apr 2016 14:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24833

    Actions (login required)

    View Item