UPAYA PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIPE NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED PADA SISWA KELAS XI SMKN 7 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

MAHANANI, DANTIA (2016) UPAYA PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIPE NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED PADA SISWA KELAS XI SMKN 7 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret .

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (301Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran matematika dengan model kooperatif tipe Number Heads Together (NHT) disertai dengan pendekatan Open-Ended yang dapat meningkatkan kemandirian belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa melalui pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas XI Patiseri 1 SMK Negeri 7 Surakarta yang berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Metode obervasi dilakukan dengan cara mengamati pelaksanaan pembelajaran. Metode tes digunakan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data-data berupa nama siswa, daftar nilai tes dan foto proses tindakan. Validitas data yang digunakan untuk data kemandirian belajar adalah dengan tehnik triangulasi penyidik yaitu dengan membandingkan hasil observasi dari tiga orang observer yang berbeda. Tehnik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan analisis data kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh dari evaluasi hasil belajar siswa, data kualitatif diperoleh dari lembar observasi. Analisis deskripsi kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran matematika yang digunakan guru dan untukmenghitung presentase jumlah siswa yang berhasil dalam pemebelajaran. Analisis data kuantitatif digunakan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemandirian belajar dan kemampuan pemecahan masalah. Hasil ini terlihat dari : kemandirian belajar prasiklus sebesar 35,48% siswa dengan kategori tinggi dan setelah penelitian siklus II menjadi 67,35% siswa dengan kategori tinggi, nilai kemampuan pemecahan masalah siswa prasiklus sebesar 19,3% dan setelah penelitian siklus II menjadi 64,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran tipe Number Heads Together (NHT) disertai dengan pendekatan Open-Ended dapat meningkatkan kemandirian belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran matematika. Kata kunci : kemandirian belajar, pemecahan masalah, Number Heads Together, Open-Ended

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: sholikun ikun
    Date Deposited: 14 Apr 2016 21:26
    Last Modified: 14 Apr 2016 21:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24713

    Actions (login required)

    View Item