PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING SECARA ALGORITMIK DAN HEURISTIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI MIA DI SMA N 5 SURAKARTA

NADI, CHICI YULIANA (2016) PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING SECARA ALGORITMIK DAN HEURISTIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI MIA DI SMA N 5 SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret .

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (893Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh penerapan metode problem solving secara algoritmik dan heuristik terhadap prestasi belajar siswa materi kelarutan dan hasil kali kelarutan; (2) pengaruh kemampuan metakognisi terhadap prestasi belajar siswa materi kelarutan dan hasil kali kelarutan; (3) interaksi antara metode problem solving secara algoritmik dan heuristikdengan kemampuan metakognisi terhadap prestasi belajar siswa materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2×2. Sampel penelitian adalah kelas XI MIA 3 dan kelas XI MIA 4 SMA Negeri 5 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015 yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan: (1) dokumentasi nilai ulangan akhir semester gasal kelas XI SMA Negeri 5 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015; (2) instrumen tes untuk mengukur prestasi aspek pengetahuan; (3) angket untuk mengukur kemampuan metakognisidan prestasi aspek sikap; (4) observasi untuk mengukur prestasi aspek sikap dan keterampilan. Analisis data prestasi aspek pengetahuan menggunakan analisis variansi (anava) dua jalan dengan sel tak sama, sedangkan analisis data prestasi aspek sikap dan keterampilan menggunakan uji statistik non parametrik Kruskal Wallis H. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh metode problem solving secara algoritmik dan heuristik terhadap prestasi aspek pengetahuan, sedangkan pada prestasi aspek sikap dan keterampilan tidak ada pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa; (2) tidak ada pengaruh kemampuan metakognisi terhadap prestasi aspek pengetahuan, sikap, maupun keterampilan siswa; (3) tidak ada interaksi antara metode problem solving secara algoritmik dan heuristikdengan kemampuan metakognisiterhadap prestasi aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan siswa. Kata Kunci: Problem Solving, algoritmik, heuristik, kemampuan metakognisi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: sholikun ikun
    Date Deposited: 14 Apr 2016 21:10
    Last Modified: 14 Apr 2016 21:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24709

    Actions (login required)

    View Item