PENGEMBANGAN ASESMEN MODIFIKASI NATURE OF SCIENCE LITERACY TEST (NOSLiT) UNTUK MENGUKUR LITERASI SAINS SISWA SMA (UJI COBA DI SMAN 1 NGAWI, SMAN 3 MADIUN DAN SMAN 1 MAGETAN)

Ariyanti, Ade Intan Permata (2016) PENGEMBANGAN ASESMEN MODIFIKASI NATURE OF SCIENCE LITERACY TEST (NOSLiT) UNTUK MENGUKUR LITERASI SAINS SISWA SMA (UJI COBA DI SMAN 1 NGAWI, SMAN 3 MADIUN DAN SMAN 1 MAGETAN). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret .

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (951Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Indonesia menduduki peringkat ke-63 dari 64 negara peserta PISA 2012 yang menunjukkan literasi sains siswa masih sangat rendah. Pengujian soal NOSLiT menunjukkan bahwa dari 35 soal yang diteskan kurang dari 50% yang dapat menjawab lebih dari 17 soal. Analisis konten tes perlu dilakukan mengingat daerah di Indonesia yang luas dan beragam. Asesmen yang digunakan perlu disesuaikan dengan kondisi di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan asesmen modifikasi Nature of Science Literacy Test (NOSLiT) untuk mengukur literasi sains siswa SMA. Metode penelitian yang digunakan model prosedur Borg & Gall (1983) yang dimodifikasi yaitu: 1) penelitian dan pengumpulan informasi; 2) perencanaan; 3) pengembangan desain; 4) validasi desain; 5) revisi produk pertama; 6) uji coba terbatas; 7) revisi produk kedua; 8) tahap uji lapangan operasional, dan 9) revisi produk akhir. Sampel uji lapangan adalah 91 siswa dari SMAN 1 Ngawi, SMAN 3 Madiun dan SMAN 1 Magetan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik asesmen modifikasi NOSLiT dikembangkan berdasarkan framework asli NOSLiT yang terdiri dari: 1) scientific nomenclature; 2) intellectual process skills; 3) rules of scientific evidence; 4) postulate of science; 5) scientific disposition; 6) major misconception about science (Wenning, 2006). Kelayakan produk dijamin melalui validitas isi dengan kategori “baik”; validitas konstruk dengan kategori “baik”; validitas butir soal “rendah”, proporsi tingkat kesukaran 34,29% mudah; 40,00% sedang; dan 25,71% sulit, daya beda soal dengan interpretasi “kurang” hingga “baik”. Validitas eksternal asesmen modifikasi NOSLiT diperoleh indeks uji korelasi (r) sebesar 0,164 menunjukkan tidak adanya hubungan yang signifikan antara siswa mengerjakan asesmen modifikasi NOSLiT dengan PISA. Kata kunci : literasi sains, tes literasi sains, asesmen modifikasi NOSLiT

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: sholikun ikun
    Date Deposited: 14 Apr 2016 18:49
    Last Modified: 14 Apr 2016 18:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24688

    Actions (login required)

    View Item