ALUR PIKIR GURU MATEMATIKA DALAM MEMBELAJARKAN SUATU KOMPETENSI DASAR DI KELAS VII SMP (STUDI KASUS PADA GURU MATEMATIKA SMP NEGERI 1 KARANGANYAR)

Wulandari, Asih (2016) ALUR PIKIR GURU MATEMATIKA DALAM MEMBELAJARKAN SUATU KOMPETENSI DASAR DI KELAS VII SMP (STUDI KASUS PADA GURU MATEMATIKA SMP NEGERI 1 KARANGANYAR). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (305Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan alur pikir guru matematika dalam perencanaan dan pelaksanaan proses pembelajaran suatu KD di kelas VII SMP Negeri 1 Karanganyar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus, yaitu mempelajari secara mendalam alur pikir guru matematika dalam perencanaan dan pelaksanaan proses pembelajaran suatu KD kelas VII pada kurikulum 2013. Subyek penelitian ini adalah guru matematika kelas VII SMP Negeri 1 Karanganyar guru H dan guru W. Data utama berupa informasi tentang alur pikir guru dalam perencanaan dan pelaksanaan proses pembelajaran. Informasi tentang perencanaan proses pembelajaran meliputi penyusunan skenario pembelajaran dan penentuan perangkat penilaian. Informasi tersebut diperoleh dengan cara dokumentasi dokumen-dokumen pendukung yang dijadikan bahan wawancara dengan subyek. Hasil transkrip wawancara direduksi dengan cara mengkategorisasikan ke dalam dua kelompok yaitu proses penyusunan skenario pembelajaran dan penentuan perangkat penilaian. Langkah selanjutnya adalah mengklasifikasikan data berdasarkan langkah-langkah proses penyusunan skenario pembelajaran dan penentuan perangkat penilaian kemudian ditarik kesimpulan. Teknik validitas data perencanaan proses pembelajaran digunakan triangulasi sumber, yaitu dengan mencocokkan data dari guru matematika H dan W. Sedangkan data yang tidak cocok dijadikan temuan lainnya. Informasi tentang pelaksanaan proses pembelajaran meliputi pendekatan, metode dan penilaian yang digunakan guru dalam membelajarkan suatu KD di kelas VII yang menerapkan kurikulum 2013. Data tersebut diperoleh dari hasil transkrip rekaman kegiatan pembelajaran pada dua observasi. Hasil transkrip tersebut selanjutnya direduksi untuk memperoleh informasi terkait pendekatan, metode dan penilaian yang digunakan guru dalam pembelajaran. Langkah selanjutnya mengklasifikasikan data kemudian ditarik kesimpulan. Teknik validasi data pelaksanaan proses pembelajaran yang digunakan adalah trianglasi sumber, yaitu mencocokkan data pelaksanaan peoses pembelajaran pada observasi pertama Guru H dan Guru W. Sedangkan data yang tidak cocok dijadikan temuan lainnya. Hasil penelitian ini adalah: 1) Alur pikir guru dalam perencanaan proses pembelajaran diawali dengan penentuan KD pada tiap KI dengan langkah mengkaji silabus, menjabarkan menjadi indikator pencapaian kompetensi melalui MGMP sekolah, menyusun tujuan pembelajaran, menentukan materi pembelajaran dan menentukan kegiatan pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Selanjutnya menyusun perangkat penilaian diawali dengan penjabaran KD pada tiap KI menjadi indikator pencapaian kompetensi, menentukan teknik penilaian dan menyusun instrumen penilaian. 2) alur pikir guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran mengacu pada RPP yang ditunjukkan dengan penggunaan pendekatan saintifik, metode pembelajaran beraneka ragam menekankan pada pembelajaran yang berpusat pada siswa dan penilaian otentik. Kata Kunci : alur pikir, proses pembelajaran, kurikulum 2013

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: yulia nurhalimah
    Date Deposited: 14 Apr 2016 10:43
    Last Modified: 14 Apr 2016 10:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24657

    Actions (login required)

    View Item