UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR GULING BELAKANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 1 MASARAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Sari, Arum Mawar (2016) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR GULING BELAKANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 1 MASARAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (476Kb) | Preview

    Abstract

    Arum Mawar Sari. UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR GULING BELAKANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 1 MASARAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016, Skripsi. Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari.2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar guling belakang pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Masaran tahun pelajaran 2015/2016 melalui model pembelajaran Team Assisted Individualization. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas persiapan, perencanaan, tindakan, evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Masaran yang berjumlah 32 siswa yang terdiri-dari 16 siswa putra dan 16 siswa putri. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah observasi langsung terhadap kegiatan pembelajaran, dokumentasi, dan hasil tes kognitif siswa. Validitas data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Dengan penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe TAI (Team Assisted Individualization) tercipta proses pembelajaran yang lebih aktif, efektif, efisien, dan menyenangkan sehingga bisa mendukung suatu proses pembelajaran yang berkualitas. Pada Siklus II terdapat penambahan unsur kompetisi sehingga hasil belajar guling belakang meningkat menjadi lebih baik. Dari hasil analisis data, diperoleh peningkatan pada siklus I ke siklus II. Pada kondisi awal hasil belajar guling belakang siswa sebesar 21,87%, pada siklus I meningkat menjadi 68,75% dan pada siklus 2 meningkat menjadi 90,62%. Hasil pada siklus 2 sudah melampaui target yang ditetapakan dalam peneliti ini (80%). Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah dengan penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization dapat meningkatkan hasil guling belakang pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Masaran tahun pelajaran 2015/2016. Kata Kunci : Hasil Belajar Guling Belakang, Model Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization)

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: yulia nurhalimah
    Date Deposited: 14 Apr 2016 10:43
    Last Modified: 14 Apr 2016 10:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24655

    Actions (login required)

    View Item