MEKANISME ACCOUNT OFFICER (AO) DALAM MELAKUKAN ANALISIS KREDIT PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (Persero) Tbk. KANTOR CABANG KARANGANYAR

Kurniawan , Afri (2016) MEKANISME ACCOUNT OFFICER (AO) DALAM MELAKUKAN ANALISIS KREDIT PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (Persero) Tbk. KANTOR CABANG KARANGANYAR. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (350Kb) | Preview

    Abstract

    Perbankan merupakan sektor yang memiliki pengaruh besar dalam perekonomian. Melalui kegiatannya perbankan dapat membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya salah satunya yaitu dengan produk kredit. Account officer adalah petugas bank yang memiliki peran penting dari proses pengajuan kredit sampai pemberian putusan kredit. Penulisan tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui prosedur account officer dalam melakukan analisa kredit dan mekanisme account officer dalam melakukan survei terhadap calon nasabah. Penulisan tugas akhir ini menggunakan metode pengumpulan data dengan cara melakukan pengamatan (observasi), wawancara (interview), dan studi pustaka serta untuk mengumpukan data menggunakan data primer dan data skunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosedur pemberian kredit yang dilakukan BRI kantor cabang Karanganyar adalah pertama nasabah mengajukan permohonan kredit ke bagian administrasi kredit, kemudian diteruskan ke bagian account officer untuk dilakukan analisa. Faktor yang digunakan AO dalam melakukan analisa kredit meliputi character, capacity, capital, collateral dan condition dari si calon debitur. Kemudian hasil dari analisa akan digunakan sebagai pertimbangan dalam melakukan putusan kredit. Selain melakukan analisa kredit AO juga melakukan survei kepada calon debitur yaitu dengan mendatangi langsung tempat tinggal calon debitur untuk melakukan wawancara dan membuktikan apakah keadaan debitur sesuai dengan data yang diberikan pada bank. Setelah melakukan survei AO akan melaporkannya dalam memorandum analisa kredit kepada bagian administrasi kredit untuk digunakan dalam proses kredit selanjutnya. Saran untuk AO yaitu hendaknya terus meningkatkan kinerjanya agar kredit yang disalurkan oleh bank semakin lancar dan AO juga perlu memberikan penjelasan yang jelas kepada calon debitur agar mereka memberikan data yang akurat. Kata kunci : Mekanisme Account Officer (AO), 5C

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Keuangan Perbankan
    Depositing User: eky putri
    Date Deposited: 13 Apr 2016 16:47
    Last Modified: 13 Apr 2016 16:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24643

    Actions (login required)

    View Item