PENINGKATAN KUANTITAS DAN KUALITAS PERTANYAAN SEBAGAI INDIKATOR PROSES BERPIKIR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DI KELAS XI MIA 7 SMA NEGERI 3 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

Aziz, Subhan Abdul (2016) PENINGKATAN KUANTITAS DAN KUALITAS PERTANYAAN SEBAGAI INDIKATOR PROSES BERPIKIR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DI KELAS XI MIA 7 SMA NEGERI 3 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (681Kb) | Preview

    Abstract

    Subhan Abdul Aziz. K4311074. PENINGKATAN KUANTITAS DAN KUALITAS PERTANYAAN SEBAGAI INDIKATOR PROSES BERPIKIR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DI KELAS XI MIA 7 SMA NEGERI 3 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. November 2015. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas pertanyaan sebagai indikator proses berpikir peserta didik melalui penerapan model Discovery Learning pada materi Sistem Reproduksi di kelas XI MIA 7 SMA Negeri 3 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian yang dilakukan merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara bersiklus. Setiap siklus terdiri dari 3 tahapan yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI MIA 7 SMA Negeri 3 Surakarta yang berjumlah 32 peserta didik yang terdiri dari 14 peserta didik laki-laki dan 18 peserta didik perempuan. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validasi data menggunakan metode triangulasi. Hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yang terdiri dari: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model discovery learning meningkatkan kuantitas dan kualitas pertanyaan peserta didik di kelas XI MIA 7 SMA Negeri 3 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015. Peningkatan kuantitas dan kualitas pertanyaan ditunjukkan dengan meningkatnya jumlah pertanyaan peserta didik pada pra-siklus yaitu 13 pertanyaan dengan kualitas pertanyaan tertinggi adalah C1 prosedural menjadi 126 pertanyaan dengan kualitas pertanyaan tertinggi adalah C4 metakognisi pada siklus IV. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian adalah penerapan model discovery learning meningkatkan kuantitas dan kualitas pertanyaan sebagai indikator proses berpikir peserta didik di kelas XI MIA 7 SMA Negeri 3 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015. Kata kunci: discovery learning, kuantitas dan kualitas pertanyaan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: fauzan ahmad
    Date Deposited: 12 Apr 2016 16:37
    Last Modified: 12 Apr 2016 16:37
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24612

    Actions (login required)

    View Item