ANALISA KONSISTENSI POLA PEMINJAMAN BUKU MENGGUNAKAN ALGORITMA FP-GROWTH (STUDI KASUS:UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET)

APRILINA, MIRANDA NUR QOLBI (2016) ANALISA KONSISTENSI POLA PEMINJAMAN BUKU MENGGUNAKAN ALGORITMA FP-GROWTH (STUDI KASUS:UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (521Kb) | Preview

    Abstract

    Perpustakaan sebagai institusi pengelola koleksi karya yang bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada pemustaka senantiasa berusaha meningkatkan kualitas pelayanannya, termasuk UPT Perpustakaan UNS. UPT Perpustakaan UNS merupakan perpustakaan perguruan tinggi yang bertugas memberikan layanan kepada civitas akademika UNS. Dalam usaha meningkatkan kualitas pelayanannya, UPT ini mengalami kendala, yaitu sulit mengetahui kecenderungan minat buku civitas akademika UNS, sehingga pengelola kesulitan mengembangkan perpustakaan sesuai dengan kebutuhan civitas akademika. Setiap hari, UPT Perpustakaan dapat melayani lebih dari 500 transaksi peminjaman, jika diakumulasikan dalam satu tahun UPT ini memiliki ribuan data transaksi yang hanya tersimpan dalam database aplikasi UNSLA. Data transaksi tersebut masih dapat diolah menjadi informasi yang bermanfaat, termasuk menyelesaikan permasalahan yang dialami oleh UPT Perpustakaan UNS. Database transaksi peminjaman tersebut diolah dengan menggunakan pendekatan data mining. Teknik data mining yang digunakan adalah Association Rule (support, confidence, lift ratio). Algoritma Association Rule yang digunakan adalah FP-Growth. Data transaksi diolah berdasarkan bulan, semester, dan tahun. Dari hasil penelitian diperoleh beberapa kesimpulan diantaranya : pertama, Frekuensi pola/rule yang diperoleh dari hasil olahan data transaksi peminjaman buku tidak selalu sama untuk setiap bulannya. Kedua, Kategori buku alternatif yang kemungkinan besar sering dipinjam oleh peminjam adalah buku dengan kategori Sosial dan Ilmu Terapan. Kata Kunci: Data mining, Association Rule, FP-Growth , Lift Ratio, Perpustakaan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Informatika
    Depositing User: Afifah Nur Laili
    Date Deposited: 12 Apr 2016 13:31
    Last Modified: 12 Apr 2016 13:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24598

    Actions (login required)

    View Item