POLA KERJA MAGANG PADA INDUSTRI KREATIF ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) (Studi Deskriptif Kualitatif di Desa Jetiswetan Kecamatan Pedan Kabupaten Klaten)

Ambarsari, Tyas (2016) POLA KERJA MAGANG PADA INDUSTRI KREATIF ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) (Studi Deskriptif Kualitatif di Desa Jetiswetan Kecamatan Pedan Kabupaten Klaten). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (621Kb) | Preview

    Abstract

    TYAS AMBARSARI, NIM : S251108017. 2015. Pola Kerja Magang Pada Industri Kreatif Alat Permainan Edukatif (APE) (Studi Deskriptif Kualitatif Di Desa Jetiswetan Kecamatan Pedan Kabupaten Klaten). TESIS, Pembimbing I : Dr. Mahendra Wijaya, MS, II : Dr. Drajat Tri Kartono, M.Si. Program Studi Sosiologi, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret. ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif bertujuan untuk mendeskripsikan makna kerja magang, ikatan hubungan pada kerja magang, dan transfer aktivitas kerja magang pada bagian produksi dan pemasaran. Subyek dalam penelitian ini adalah pengusaha dan tenaga kerja terampil sebagai permagang atau sumber magang serta pemagang pada Alat Permainan Edukatif di desa Jetiswetan, kecamatan Pedan, kabupaten Klaten. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Teknik sampling yang digunakan adalah criterion sampling yang berjumlah empat belas informan, sembilan informan yaitu lima pengusaha dan empat tenaga kerja terampil berkriteria permagang, dan lima infroman berkriteria pemagang. Teori yang digunakan sebagai pisau analisis adalah teori keterlekatan, teori human relations, dan teori patron-klien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa makna kerja magang sebagai proses belajar dan bekerja yang dimulai dari kegiatan paling mudah sampai paling sulit serta didominasi dengan praktik yakni melihat, membantu dan menirukan sebagai proses mentransfer pengalaman, pengetahuan, keterampilan dan nilai-nilai menjadi pekerja terampil. Indikator dalam makna kerja magang yaitu pertama, proses aktivitas belajar melalui transfer nilai, keterampilan dan pengetahuan. Kedua, proses aktivitas kerja melalui praktek sesuai kemampuan dari paling mudah sampai paling sulit. Ketiga, pemagang menjadi pekerja terampil dan pengusaha mandiri. Pola ikatan hubungan pada kerja magang meliputi 3 pola yaitu pola ikatan hubungan kekerabatan, pola ikatan hubungan pertemanan dan pola ikatan hubungan ketetanggan. Pola transfer aktivitas bagian produksi pada kerja magang dibagi menjadi 2 yaitu pola aktivitas produksi Alat Permainan Edukatif dalam dan polaaktivitas produksi Alat Permainan Edukatif luar, yang dinilai adalah kecepatan waktu dan kuantitasnya, mengoperasikan alat, kerapian hasilnya, disiplin, dan taat terhadap perintah dan terampil. Pola transfer aktivitas bagian pemasaran pada kerja magang Alat Permainan Edukatif sebagai penjaga toko, yang dinilai dari kejujuran, disiplin, ramah dengan pembeli, rajin dan teliti dalam pembukuan. Kata kunci : Kerja magang, Permagang, dan Pemagang.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Sosiologi - S2
    Depositing User: eky putri
    Date Deposited: 11 Apr 2016 17:56
    Last Modified: 11 Apr 2016 17:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24571

    Actions (login required)

    View Item