Redesain Museum Jawa Tengah Ronggowarsito Semarang dengan Pendekatan Pengalaman Ruang

Devitasari, Amalia (2016) Redesain Museum Jawa Tengah Ronggowarsito Semarang dengan Pendekatan Pengalaman Ruang. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (240Kb) | Preview

    Abstract

    REDESAIN MUSEUM JAWA TENGAH RONGGOWARSITO DI KOTA SEMARANG DENGAN PENDEKATAN PENGALAMAN RUANG Amalia Devitasari, Rachmadi Nugroho, Ahmad Farkan Email: adevi812@gmail.com NIM: I.0211007 Periode TA: 140 (Oktober-Desember 2015) Tgl Ujian: 10 Desember 2015 Abstrak Redesain Museum Jawa Tengah Ronggowarsito dilatar belakangi oleh ketidaksesuaian visi dan misi museum untuk meningkatkan apresiasi budaya, meningkatkan kepedulian masyarakat, penyediaan sumber belajar budaya yang menyenangkan, memberikan pelayanan prima, dan menjadi museum kebanggaan masyarakat Jawa Tengah. Hal tersebut diiringi pula dengan rendahnya respon dan antusiasme warga Semarang untuk berkunjung ke wadah apresiasi warisan budaya tersebut. Terbukti jumlah pengunjung yang tidak mengalami kenaikan cukup spesifik sepanjang 20 tahun terakhir. Persoalan desain adalah aspek-aspek penting dalam upaya meningkatkan daya tarik pengunjung, yaitu penyediaan servis dalam aspek penglihatan dan Pengalaman Ruang yang belum dapat tersampaikan dengan baik kepada pengunjung di Museum Jawa Tengah Ronggowarsito. Metode redesain adalah dengan melakukan POE (Post Occupancy Evaluation) pada kondisi serta elemen museum eksisting, dengan strategi redesain yang menekankan pada konsep sequence dan flow pengunjung di dalam museum. Konsep tata zonasi menjadi poin kunci dalam penerapan Pengalaman Ruang yang di setting berdasar 3 tema besar, guna memudahkan pengunjung dalam membaca program museum yang kompleks. Pendekatan Pengalaman Ruang dipilih guna menunjang terjadinya proses apresiasi budaya yang menyenangkan dan menarik sesuai visi dan misi museum, sehingga dapat menjadi kebanggaan masyarakat, serta menjadi tujuan utama wisata sejarah Jawa Tengah sesuai RKPD Kota Semarang Tahun 2015. Pendekatan Pengalaman Ruang juga bertujuan untuk menunjang terjadinya interaksi dialog antara pengunjung dengan museum dan koleksinya. Kata Kunci: Apresiasi, Daya Tarik, Flow, Interaksi Dialog, Museum, Pengalaman Ruang, Sequence, Redesain, Visi dan Misi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TH Building construction
    Divisions: Fakultas Teknik > Arsitektur
    Depositing User: bibid widodo
    Date Deposited: 11 Apr 2016 16:50
    Last Modified: 11 Apr 2016 16:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24556

    Actions (login required)

    View Item