Perancangan Media Promosi Red Batik Solo untuk Mengangkat Budaya di Kota Solo Melalui Komunikasi Visual

Kusuma R, Alitawati (2016) Perancangan Media Promosi Red Batik Solo untuk Mengangkat Budaya di Kota Solo Melalui Komunikasi Visual. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (636Kb) | Preview

    Abstract

    PERANCANGAN MEDIA PROMOSI RED BATIK SOLO UNTUK MENGANGKAT BUDAYA DI KOTA SOLO MELALUI KOMUNIKASI VISUAL Alitawati Kusuma Raharjo1 Drs. Putut Handoko Pramono, M.Si2 Ercilia Rini Octavia, S.Sn., M.Sn3 ABSTRAK 2016 Alitawati Kusuma Raharjo. Pengantar karya Tugas Akhir ini berjudul Perancangan media promosi Red Batik Solo untuk mengangkat budaya di Kota Solo melalui komunikasi visual. Sebagai pengenalan Red Batik Solo pada masyarakat di Kota Solo maupun di luar Kota Solo. Adapun permasalahan yang dikaji adalah (1)Bagaimana visualisasi prancangan media promosi yang sesuai untuk Red Batik Solo yang efektif dan menarik bagi konsumen? (2)Bagaimana memilih media promosi yang tepat untuk Red Batik Solo agar sesuai dengan target konsumen? Tujuan dari perancangan ini adalah untuk membuat visualisasi perancangan media promosi yang baik dan efektif bagi audience serta merancang media promosi untuk Red Batik Solo agar lebih di kenal oleh masyarakat Kota baik di Kota Solo maupun diluar Kota Solo. Red Batik Solo merupakan sebuah komunitas yang menjadikan pasar tradisional sebagai sumber inspirasi dalam berkarya, menggunakan bahan alam untuk bahan pembuatan kostum. Proses pembuatan kostum yang di lakukan Red Batik Solo sendiri melalui beberapa tahap mulai dari workshop pembuatan dan pengenalan bahan, konsep atau tema kostum hingga pemotretan dengan hasil karya para peserta. Dari proses tersebut di harapkan para peserta mampu menjadi desainer sekaligus model untuk karya nya sendiri. Inilah yang membuat Red Batik Solo menjadi unik dan memiliki daya tarik sendiri. Dari hal inilah diharapkan perancangan media promosi Red Batik Solo ini mendapat respon positif dan berkelanjutan, sehingga masyarakat menjadi paham dan mengerti bahwa sebuah karya karnaval berbahan alami mampu bersaing di antara karnaval yang lain. 1 Mahasiswi Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Sebelas Maret dengan NIM C0710008 2 Dosen Pembimbing I 3Dosen Pembimbing II

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa > D3 - Desain Komunikasi Visual
    Depositing User: bibid widodo
    Date Deposited: 11 Apr 2016 16:26
    Last Modified: 11 Apr 2016 16:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24539

    Actions (login required)

    View Item