KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL (Penelitian Pada Peserta Didik Kelas X SMK N Jenawi Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014)

DWININGSIH, RETNO (2016) KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL (Penelitian Pada Peserta Didik Kelas X SMK N Jenawi Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (145Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Retno Dwiningsih. Keefektifan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional (Penelitian pada Peserta Didik Kelas X SMK N Jenawi Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014). Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta September 2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik kelas X SMK N Jenawi tahun pelajaran 2013/ 2014. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu (Quasy Eksperiment) dengan rancangan kelompok kontrol tidak sepadan (nonequivalent control group design). Sampel sebagai subyek penelitian adalah peserta didik kelas X SMK Negeri Jenawi Karanganyar tahun pelajaran 2013/2014. Jumlah subyek dalam penelitian ini adalah 60 peserta didik dan dibagi 30 peserta didik sebagai kelompok eksperimen dan 30 peserta didik sebagai kelompok kontrol. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik Purposive random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner dengan instrumen angket. Analisis data menggunakan teknik analisis T-test dengan aplikasi program SPSS versi 16. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai sebesar thitung 3,323> ttabel2,042 dengan signifikansi sebesar 0,002< 0,05, maka H0 ditolak dan Haditerima. maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti ada perbedaan kecerdasan emosional sesudah diberi perlakuan pada peserta didik antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang peneliti ajukan dengan bunyi: “Keefektifan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional (Penelitian pada Peserta Didik Kelas X SMK N Jenawi Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014)” dapat diterima kebenarannya. Kata Kunci: Sosiodrama, Bimbingan Kelompok, Kecerdasan Emosional. ABSTRACT Retno Dwiningsih. Effectiveness of Group Guidance with Sociodrama to Improve Emotional Intelligence ( Research of the Students in Grade X of State Vocational High School of Jenawi, Karanganyar in Academic Year 2013/2014). Skripsi: The Faculty of Teacher Training and Education, Sebelas Maret University, Surakarta, September 2015. The objective of this research was to investigate the effectiveness of group guidance with sociodrama to improve the emotional intelligence of the students in Grade X of State Vocational High School of Jenawi in Academic Year 2013/2014. This research used the quasi experimental research method with the non-equivalent control group design. The subjects of research consisted of 60 students, and they were divided into two groups, namely: 30 in experimental group and 30 in control group. The samples of research were the students in Grade X of State Vocational High School of Jenawi in Academic Year 2013/2014 and were taken by using the purposive sampling technique. The data of research were collected through questionnaire. They were analyzed by using the t-test formula aided with the computer program of SPSS Version 16. The result of analysis shows that the value of tcount = 3.323 was greater than that of ttable =2.042 at the significance level of 0.002, which is less than 0.05 meaning that H0 was rejected, but Ha was verified, indicating that there is a difference of emotional intelligence following the treatment between the experimental group and the control group. Thus, the proposed hypothesis which reads the effectiveness of group guidance with sociodrama technique to improve the emotional intelligence of the students in Grade X of State Vocational High School of Jenawi, Karanganyar in Academic Year 2013/2014 is verified. Keywords: Sociodrama, group guidance, emotional intelligence.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: fauzi ahmad
    Date Deposited: 11 Apr 2016 15:02
    Last Modified: 11 Apr 2016 15:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24522

    Actions (login required)

    View Item