PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DILENGKAPI DENGAN KOMPENDIUM AL-QURAN TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Pokok Bahasan Konsep Mol Kelas X Matematika dan Ilmu Alam (MIA) MAN 2 Madiun Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015)

ARFIYAH, AFIFATUL (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DILENGKAPI DENGAN KOMPENDIUM AL-QURAN TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Pokok Bahasan Konsep Mol Kelas X Matematika dan Ilmu Alam (MIA) MAN 2 Madiun Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (800Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh kompendium Al-Quran pada pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap minat belajar siswa, (2) pengaruh kompendium Al-Quran pada pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment research). Penelitian ini menggunakan desain penelitian Randomized Posttest Only Control Group Design dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 dengan jumlah 31 siswa sebagai kelompok kontrol dan siswa kelas X MIA 3 dengan jumlah 30 siswa sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes dan nontes (angket, observasi dan dokumentasi). Uji hipotesis menggunakan uji Manova dengan bantuan SPSS versi 22. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh signifikan penggunaan kompendium Al-Quran pada pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap minat belajar siswa, (2) ada pengaruh signifikan kompendium Al-Quran pada pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap prestasi belajar siswa aspek sikap dan pengetahuan, akan tetapi tidak ada pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa aspek keterampilan. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Kompendium Al Quran, Konsep Mol, Minat Belajar, Prestasi Belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: bibid widodo
    Date Deposited: 11 Apr 2016 13:34
    Last Modified: 11 Apr 2016 13:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24508

    Actions (login required)

    View Item