PENGARUH FAKTOR KEUANGAN DAN NON KEUANGAN TERHADAP IMPLEMENTASI E-GOVERNMENT PADA PEMERINTAH DAERAH (STUDI PADA PEMERINTAH KABUPATEN/KOTA DI INDONESIA)

Yusuf, Dian Anggraini (2016) PENGARUH FAKTOR KEUANGAN DAN NON KEUANGAN TERHADAP IMPLEMENTASI E-GOVERNMENT PADA PEMERINTAH DAERAH (STUDI PADA PEMERINTAH KABUPATEN/KOTA DI INDONESIA). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (202Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh faktor keuangan dan non keuangan terhadap implementasi e-governmentpemerintah daerahpada pemerintah kabupaten/kota di Indonesia. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling yaitu pengambilan sampel dengan menggunakan kriteria-kriteria yang ditentukan berdasarkan kebijakan dari peneliti. Penelitian ini menggunakan kriteria pengambilan sampel dari indeks pemeringkatan e-government pemerintah daerah di Indonesia yang dikeluarkan oleh Menkoinfo. Kriteria tersebut terbagi dalam lima dimensi, yaitu kebijakan, kelembagaan, infrastruktur, aplikasi dan perencanaan. Dari kriteria-kriteria yang telah ditetapkan oleh Menkoinfo, diperoleh sampel sebanyak 76 kabupaten/kota yang memenuhi kriteria tersebut. Data yang digunakan dalam penelitian ini diambil dari Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2013 dan indeks pemeringkatan e-governmentIndonesia (PeGi) tahun 2013.Metode analisisyang digunakan adalah regresi berganda dengan variabel yang diuji merupakan variabel dependen, yaitu implementasi e-governmentdan variabel independen, yaitu rasio derajat desentralisasi, rasio ketergantungan daerah, efektivitas Pendapatan Asli Daerah (PAD), tipe pemerintah daerah, jumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan ukuran pemerintah daerah (size). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rasio derajat desentralisasi, tipe pemerintah daerah, jumlah SKPD dan ukuran pemerintah daerah secara parsial berpengaruh terhadap implementasi e-government.Sebaliknya,rasio ketergantungan daerah dan efektivitas PAD tidak berpengaruh secara parsial terhadap implementasi e-government. Kata kunci: E-government,rasio derajat desentralisasi, rasio ketergantungan daerah, efektivitas PAD, tipe pemerintah daerah, ukuran pemerintah daerah,jumlah SKPD.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HG Finance
    H Social Sciences > HJ Public Finance
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Akuntansi - S2
    Depositing User: khoirun nisa
    Date Deposited: 11 Apr 2016 11:44
    Last Modified: 12 Apr 2016 22:16
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24495

    Actions (login required)

    View Item