PENGARUH PENAMBAHAN GUM ARAB TERHADAP KARAKTERISTIK FISIK, KIMIA DAN SENSORIS MIX FRUIT LEATHER JAMBU BIJI MERAH (Psidium guajava L.) DAN NANAS (Ananas comosus L. Merr)

Praditya, Dhitra Cahya (2016) PENGARUH PENAMBAHAN GUM ARAB TERHADAP KARAKTERISTIK FISIK, KIMIA DAN SENSORIS MIX FRUIT LEATHER JAMBU BIJI MERAH (Psidium guajava L.) DAN NANAS (Ananas comosus L. Merr). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (214Kb) | Preview

    Abstract

    PENGARUH PENAMBAHAN GUM ARAB TERHADAP KARAKTERISTIK FISIK, KIMIA DAN SENSORIS MIX FRUIT LEATHER JAMBU BIJI MERAH (Psidium guajava L) DAN NANAS (Ananas comosus L. Merr) Dhitra Cahya Praditya1) Ir. Nur Her Riyadi Parnanto, MS2) Ardhea Mustika Sari, S.TP., M.Sc2) ABSTRAK Mix fruit leather dibuat dari campuran hancuran buah (puree) yang dikeringkan pada suhu 70o C selama 15 Jam dengan ketebalan berkisar 2-3mm dan umumnya dikonsumsi secara langsung sebagai makanan ringan. Jambu biji merah (Psidium guajava L) kaya dengan vitamin C, β karoten, vitamin B1, B2 dan B6, serat, dan pektin. Buah Nanas (Ananas comosus L.Merr) merupakan buah yang memiliki vitamin C, pektin, vitamin A, vitamin B1, B2, dan serat. Kedua buah tersebut dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan mix fruit leather sebagai produk olahan pangan untuk meningkatkan daya guna dan nilai ekonomi. Pada pembuatan mix fruit leather hidrokoloid sebagai bahan pengikat berpengaruh terhadap tekstur dan kenampakan mix fruit leather yang dihasilkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konsentrasi gum arab terbaik berdasarkan karakteristik fisik, kimia dan sensoris mix fruit leather jambu biji dan nanas. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan satu faktor yaitu variasi konsentrasi gum arab (0,3%; 0,6%; dan 0,9%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan gum arab memberikan pengaruh berbeda nyata terhadap uji kadar air, kadar abu, vitamin C, dan serat pangan (dengan kisaran kadar air 12,452% - 9,202% (wb), kadar abu 0,276% - 0,682% (db), vitamin C 58,31 mg/100g - 73,65 mg/100g (db), dan serat pangan 11,305% - 14,887% (db). Selebihnya penambahan gum arab tidak beda nyata terhadap nilai kuat tarik (nilai kuat tarik (tensile strength) 1,420N - 1,867N). Hasil pengujian organopeltik menunjukkan tingkat kesukaan terbaik panelis yaitu pada mix fruit leather jambu biji merah dan nanas dengan penambahan gum arab sebesar 0,9%. Kata kunci: gum arab, jambu biji merah, mix fruit leather, nanas 1) Mahasiswa Jurusan/Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret Surakarta dengan NIM H1914002 2) Dosen Pembimbing dan Staf Pengajar pada Jurusan/Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret Surakarta

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Fakultas Pertanian > Ilmu dan Teknologi Pangan
    Depositing User: khoirun nisa
    Date Deposited: 11 Apr 2016 11:10
    Last Modified: 12 Apr 2016 22:18
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24487

    Actions (login required)

    View Item