PERLINDUNGAN HUKUM PASIEN SEBAGAI KORBAN KESALAHAN PENCANTUMAN LABEL OBAT DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN

SATRIAVIE, NANDANITA (2016) PERLINDUNGAN HUKUM PASIEN SEBAGAI KORBAN KESALAHAN PENCANTUMAN LABEL OBAT DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (559Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Nandanita satriavie. E0011214. 2015. PERLINDUNGAN HUKUM PASIEN SEBAGAI KORBAN KESALAHAN PENCANTUMAN LABEL OBAT DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. Fakultas Hukum, Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk perlindungan hukum terhadap pasien sebagai korban kesalahan pencantuman label obat menurut Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Serta untuk mengetahui bagaimana pertanggungjawaban perusahaan farmasi terhadap konsumen sebagai korban kesalahan pencantuman label obat ditinjau Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif bersifat preskriptif.Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan perundang-undangan, kasus, dan konsep.Jenis bahan hukum yang digunakan adalah bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder.Teknik pengumpulan bahan hukum yang digunakan adalah melalui studi kepustakaaan dan cyber media.Analisis bahan hukum menggunakan metode deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlindungan hukum PT Kalbe Farma menurut Pasal 4 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dalam memberikan sembilan (9) hak. Namun dalam kenyataannya belum semua hak-hak tersebut dipenuhi oleh PT Kalbe Farma, terutama terkait dengan kasus kesalahan dalam pencantuman label obat, sehingga banyak memakan korban jiwa, PT kalbe Farma harus bertanggungjawab atas kerugian yang diderita konsumen. Adapun upaya penyelesaian sengketa biasanya melalui jalur litigasi dan non ligitasi, terkait dengan kerugian yang dialami pasien, PT Kalbe Farma bertanggungjawab melakukan ganti rugi terhadap pasien biasanya dengan upaya pengembalian uang, penggantian barang dan/atau jasa yang setara nilainya atau sejenis, perawatan kesehatan, pemberian santunan yang sesuai dengan Undang-undang yang berlaku. Kata Kunci: Perlindungan Hukum, Pasien, Perlindungan Konsumen

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: eky putri
    Date Deposited: 10 Apr 2016 21:00
    Last Modified: 10 Apr 2016 21:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24456

    Actions (login required)

    View Item