UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS XI TEKNIK PERMESINAN (TP) 2 SMK SATYA KARYA KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2014/ 2015

PUTRI, DEALISA P.B (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS XI TEKNIK PERMESINAN (TP) 2 SMK SATYA KARYA KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2014/ 2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (433Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan peningkatan keaktifan belajar siswa kelas XI TP 2 SMK Satya Karya Karanganyar tahun pelajaran 2014/ 2015 selama pelaksanaan pendekatan pembelajaran tutor sebaya pada mata pelajaran matematika, (2) mengetahui dampak meningkatnya keaktifan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa kelas XI TP 2 SMK Satya Karya Karanganyar tahun pelajaran 2014/ 2015, dan (3) mengetahui penerapan pendekatan pembelajaran tutor sebaya yang dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas XI TP 2 SMK Satya Karya Karanganyar tahun pelajaran 2014/ 2015. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan tutor sebaya, data keaktifan belajar, dan hasil belajar matematika siswa. Data pelaksanaan pembelajaran dan keaktifan belajar siswa diperoleh dari hasil observasi. Sedangkan hasil belajar matematika siswa diperoleh dari hasil tes pada setiap akhir siklus. Indikator keberhasilan yang digunakan dalam penelitian ini adalah setidaknya 70% siswa aktif pada setiap aspek keaktifan yang diteliti (kegiatan melihat, kegiatan lisan, kegiatan mendengarkan, kegiatan menggambar, kegiatan menulis) dan setidaknya 70% siswa mencapai nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang telah ditetapkan sekolah yaitu 70. Keaktifan belajar siswa pada prasiklus untuk kegiatan visual sebesar 51,2% dari seluruh siswa di kelas, setelah dilakukan tindakan dengan menerapkan pendekatan pembelajaran tutor sebaya, pada siklus I meningkat menjadi 77,4%, dan pada siklus II meningkat menjadi 81,7%. Pada aspek kegiatan lisan mencapai 26,7% pada prasiklus, meningkat menjadi 48,5% pada siklus I kemudian meningkat menjadi 73,2% pada siklus II. Pada kegiatan mendengarkan mencapai 51,2% pada prasiklus, meningkat menjadi 66,5% pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 82,3% pada siklus II. Pada kegiatan menggambar mencapai 26,8% pada prasiklus, meningkat menjadi 47,6% pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 75,6% pada siklus II. Pada kegiatan menulis mencapai 39% pada prasiklus, meningkat menjadi 52,4% pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 72,6% pada siklus II. Seiring dengan peningkatan keaktifan belajar siswa, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan melalui penerapan pendekatan pembelajaran tutor sebaya, pada tahap prasiklus mencapai 29,3%, meningkat menjadi 61% pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 75,6% pada siklus II. Langkah-langkah pendekatan pembelajaran tutor sebaya yang dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa diawali dengan memberikan apersepsi, motivasi, dan menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Kemudian guru menyampaikan materi menggunakan media pembelajaran dan memberikan tekanan pada hal penting. Selanjutnya siswa diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan dan membagi kelas menjadi beberapa kelompok heterogen terdiri dari 4-5 siswa. Setiap kelompok mendapatkan 1 LKS (Lembar Kerja Siswa) berkaitan dengan materi yang disampaikan guru. Kemudian guru memberi arahan pada setiap tutor di depan kelas sedangkan siswa lain memahami LKS. Selanjutnya siswa berdiskusi dengan tutor dan guru bertindak sebagai fasilitator. Beberapa kelompok mempresentasikan hasil diskusinya sedangkan kelompok lain menanggapi. Bersama dengan siswa, guru mengklarifikasi penyelesaian dari LKS. Kemudian guru menanyakan kesulitan yang dialami oleh tutor dan tutee(siswa yang dibantu oleh tutor) selama pembelajaran. Langkah terakhir adalah guru bersama dengan siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari dan memberi pesan untuk tetap rajin belajar. Kata Kunci: keaktifan belajar, tutor sebaya

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: fifit puspitasar
    Date Deposited: 10 Apr 2016 20:16
    Last Modified: 10 Apr 2016 20:16
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24437

    Actions (login required)

    View Item