PERANCANGAN APLIKASI PROGRAM DELPHI UNTUK MENGHITUNGSTRUKTUR UTAMA RUMAH 2 LANTAI (DESIGN OF DELPHI APPLICATION PROGRAMTO CALCULATEMAIN STRUCTURES OF TWO STORY HOME PLANS)

WAHYUNINGRUM, WIJAYANTI (2016) PERANCANGAN APLIKASI PROGRAM DELPHI UNTUK MENGHITUNGSTRUKTUR UTAMA RUMAH 2 LANTAI (DESIGN OF DELPHI APPLICATION PROGRAMTO CALCULATEMAIN STRUCTURES OF TWO STORY HOME PLANS). Other thesis, Universitas Sebelas Maret .

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (844Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Wijayanti Wahyuningrum, 2014, PERANCANGAN APLIKASI PROGRAM DELPHI UNTUK MENGHITUNG STRUKTUR UTAMA RUMAH 2 LANTAI. Program S1 Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Perhitungan struktur untuk menghitung struktur utama rumah 2 lantai tergolong rumit. Perhitungan secara manual dapat menggunakan analisis struktur metode matriks untuk menentukan momen dan gaya geser kemudian memperkirakan luas penampang lalu menghitung jumlah baja tulangan yang dibutuhkan. Perhitungan struktur juga bisa menggunakan aplikasi program komputer seperti SAP 2000 untuk menghitung momen dan gaya geser lalu menggunakan Microsoft office excel untuk menghitung jumlah tulangan baja.Perhitungan struktur dibuat menggunakan Delphi 2010. Metode yang digunakan adalah perancangan aplikasi yang didasarkan pada pemikiran untuk memanfaatkan ilmu yang didapat dari bangku kuliah tentang pemrograman visual dan perencanaan struktur beton. Tahapan pembuatan Aplikasi Program Delphi untuk Menghitung Struktur Utama Rumah 2 Lantai dimulai dari proses identifikasi masalah, pembuatan diagram alir, listing program, trial for checking error, validasi, kompilasi hingga finishing. Aplikasi Program Delphi untuk Menghitung Struktur Utama Rumah 2 Lantai yang dibuat memiliki 4 halaman yang terdiri dari halaman flash, halaman rumah, halaman bantuan dan halaman tentang.Aplikasi program ini berfungsi untuk menghitung baja tulangan dan volumenya. Melalui proses validasi untuk membandingkan hasil dengan perhitungan manual diperoleh hasil yang sama sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa aplikasi program dapat berjalan dengan baik. Kata kunci: delphi, rumah 2 lantai, perencanaan struktur, baja tulangan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Sipil
    Depositing User: sholikun ikun
    Date Deposited: 10 Apr 2016 19:15
    Last Modified: 10 Apr 2016 19:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24431

    Actions (login required)

    View Item