Pesan Kemiskinan Dalam Video Youtube (Analisis Semiotik Tentang Pesan Kemiskinan Penduduk India dalam Tayangan Video pada Channel Actor Varun Pruthi di Youtube)

UTOMO, WAGINO BUDI (2016) Pesan Kemiskinan Dalam Video Youtube (Analisis Semiotik Tentang Pesan Kemiskinan Penduduk India dalam Tayangan Video pada Channel Actor Varun Pruthi di Youtube). Other thesis, Universitas Sebelas Maret .

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (704Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK WAGINO BUDI UTOMO. D1213076. Makna Kemiskinan Dalam Video Youtube Analisis Semiotik Tentang Makna Kemiskinan Penduduk India Dalam Tayangan Video pada Channel Actor Varun Pruthi di Youtube. Skripsi. Surakarta. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Sebelas Maret. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi berbagai simbol atau tanda kemiskinan serta pesan kemiskinan dalam video pada channel Actor Varun Pruthi di Youtube. Penelitian ini dilakukan kurang lebih selama 4 bulan yakni pada bulan September – Desember 2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan semiotika pendekatan Roland Barthes dengan melakukan pengamatan secara menyeluruh terhadap objek penelitian yakni video pada channel Actor Varun Pruthi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah 3 video pada channel Actor Varun Pruthi di youtube. Diawali dengan melakukan pengamatan pada video kemudian mengkategorikan video berdasarkan scene dan juga aspek sinematik dan juga aspek bahasa. Dimana dalam aspek tersebut terdapat simbol atau tanda yang berisi tentang pesan kemiskinan. Setelah data didapatkan, kemudian di analisis dengan menggunakan model semiotika Roland Barthes. Data pendukung dalam penelitian ini adalah studi pustaka untuk mendapatkan teori-teori yang mendukung penelitian serta mendapatkan data yang diperlukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video dalam channel Actor Varun Pruthi menyampaikan pesan tentang kemiskinan yang kuat. Pesan kemiskinan disampaikan melalui teks pembuka maupun penutup pada video, selain itu pesan kemiskinan juga disampaikan melalui dialog yang dilakukan Varun dengan masyarakat miskin di dalam video. Melalui ekspresi serta reaksi spontan yang ditunjukkan masyarakat miskin India dalam video, menyiratkan pesan kemiskinan kepada penonton. Kata kunci : Video, Youtube, Kemiskinan, Semiotika, Roland Barthes

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: sholikun ikun
    Date Deposited: 10 Apr 2016 18:50
    Last Modified: 10 Apr 2016 18:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24424

    Actions (login required)

    View Item