PENGARUH TUNTUTAN BERSIKAP ETIS DAN FAKTOR-FAKTOR PERSONAL TERHADAP PERILAKU AUDITOR PEMERINTAH DAERAH DALAM MENGHADAPI TEKANAN KERJA

Setyawan, Yohansah Handoyo (2016) PENGARUH TUNTUTAN BERSIKAP ETIS DAN FAKTOR-FAKTOR PERSONAL TERHADAP PERILAKU AUDITOR PEMERINTAH DAERAH DALAM MENGHADAPI TEKANAN KERJA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (351Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh interaksi faktor-faktor personal dan tuntutan bersikap etis terhadap perilaku auditor pemerintah daerah dalam menghadapi tekanan kerja. Faktor-faktor personal dalam penelitian ini meliputi: pendidikan, pengalaman kerja, locus of control, dan self efficacy. Responden penelitian ini meliputi auditor pemerintah daerah pada Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) atau instansi Inspektorat Daerah di wilayah eks Karesidenan Surakarta yang terdiri atas 6 Kabupaten dan 1 Kota. Data dianalisis menggunakan Moderated Regression Analisys (MRA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi pendidikan dan tuntutan bersikap etis serta interaksi pengalaman kerja dan tuntutan bersikap etis berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku auditor pemerintah daerah dalam menghadapi tekanan kerja. Penelitian ini juga menemukan bahwa interaksi locus of control dan tuntutan bersikap etis serta interaksi self efficacy dan tuntutan bersikap etis tidak signifikan mempengaruhi perilaku auditor pemerintah daerah dalam menghadapi tekanan kerja. Hasil ini mengindikasikan bahwa penguatan faktor pendidikan dan pengalaman kerja auditor yang didukung dengan konsistensi penerapan standar etika profesi oleh instansi dapat mendorong pada peningkatan kualitas audit yang sangat diharapkan menjadi produk dari Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP). Kata kunci: sikap etis, faktor personal, perilaku, tekanan kerja.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Akuntansi - S2
    Depositing User: satria mahendra
    Date Deposited: 10 Apr 2016 16:05
    Last Modified: 10 Apr 2016 16:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24395

    Actions (login required)

    View Item