NILAI-NILAI KEISLAMAN DALAM SINETRON TELEVISI (Analisis Isi tentang Nilai-Nilai Keislaman dalam Sinetron Sakinah Bersamamu yang Ditayangkan oleh Stasiun Televisi Rajawali Citra Televisi Indonesia [RCTI] Periode 15 Juni–16 Juli 2015)

Utari Aryani, Utari (2016) NILAI-NILAI KEISLAMAN DALAM SINETRON TELEVISI (Analisis Isi tentang Nilai-Nilai Keislaman dalam Sinetron Sakinah Bersamamu yang Ditayangkan oleh Stasiun Televisi Rajawali Citra Televisi Indonesia [RCTI] Periode 15 Juni–16 Juli 2015). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (464Kb) | Preview

    Abstract

    Bulan Ramadhan menjadi momentum bagi media televisi untuk melakukan perubahan yang cukup signifikan pada program-program acara yang disiarkan. Minimnya program acara yang mengedukasi dan memberi manfaat di luar Bulan Ramadhan, menjadikan momentum Ramadhan sebagai sebuah ‘ajang’ untuk menampilkan program-program religi yang banyak memberi manfaat dan makna kepada penonton. Pada masa tersebut penonton lebih banyak mencari tontonan yang mendukung suasana religi yang kuat di Bulan Ramadhan. Sinetron religi juga banyak muncul saat Ramadhan. Salah satunya adalah Sakinah Bersamamu yang ditayangkan oleh stasiun televisi swasta RCTI. Realita bahwa di kalangan masyarakat banyak yang mengalami permasalahan rumah tangga dilihat dari tingginya angka perceraian, sinetron ini menyuguhkan nilainilai keislaman dengan latar kehidupan rumah tangga agar mampu menjadi contoh rumah tangga islami. Sakinah Bersamamu adalah satu-satunya sinetron yang diadaptasi dari buku berjudul Sakinah Bersamamu karya Asma Nadia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi nilai-nilai keislaman yang ditampilkan sinetron Sakinah Bersamamu edisi Ramadhan periode 15 Juni-16 Juli 2015 menggunakan analisis isi. Dimensi yang diamati adalah dimensi nilai-nilai keislaman dan dimensi pemeran nilai-nilai keislaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai keislaman muncul pada lebih dari separuh durasi sinetron (74.6%). Nilai keislaman yang muncul paling tinggi adalah nilai muamalah (56.74%), kedua nilai akhlak (30.48%) dan paling sedikit nilai akidah (12.78%). Untuk kategori pemeran nilai-nilai keislaman, pemeran yang mendominasi kemunculannya adalah tokoh utama (42.05%), kedua tokoh utama & pendukung (33.50%), dan ketiga tokoh pendukung (21.83%). Nilai-nilai keislaman yang direpresentasikan dalam sinetron Sakinah Bersamamu periode 15 Juni-16 Juli adalah nilai praktis atau aplikatif di mana nilai muamalah mendominasi, dilengkapi nilai akhlak dan didasari nilai akidah. Ketiganya muncul sebagai satu kesatuan nilai keislaman sesuai proporsi masingmasing. Pemeran nilai-nilai keislaman menunjukkan identitas muslim baik perilaku maupun dialog sehingga mampu menampilkan nilai-nilai keislaman yang diusung. Sinetron Sakinah Bersamamu adalah sinetron yang sarat akan nilai-nilai keislaman dengan durasi nilai keislaman sebesar 74.6%. Kata Kunci: sinetron, sinetron religi, analisis isi, representasi, televisi, nilai-nilai keislaman.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HX Socialism. Communism. Anarchism
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: satria mahendra
    Date Deposited: 10 Apr 2016 15:19
    Last Modified: 10 Apr 2016 15:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24388

    Actions (login required)

    View Item