ANALISIS KINERJA GURU MATA PELAJARAN TERPADU PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) DI KECAMATAN BULUKERTO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN AJARAN 2014/2015

PUJIASTUTI, DYAN (2016) ANALISIS KINERJA GURU MATA PELAJARAN TERPADU PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) DI KECAMATAN BULUKERTO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN AJARAN 2014/2015. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (293Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pelaksanaan sistem pembelajaran terpadu, (2) kinerja guru mata pelajaran terpadu serta (3) hambatan yang dihadapi dan upaya yang dilakukan guru dan kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru mata pelajaran tepadu pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kecamatan Bulukerto Kabupaten Wonogiri Tahun Ajaran 2014/ 2015. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan strategi penelitian tunggal terpancang. Subjek penelitian adalah kepala sekolah serta guru mata pelajaran IPA dan IPS Terpadu. Sumber data yang diperoleh dari dari informan, tempat penelitian dan peristiwa, serta dokumen. Teknik sampling yang digunakan adalah purposif sampling dan snowball sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis interaktif dimana reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan saling berkaitan. Prosedur penelitian meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap analisis dan tahap penulisan laporan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) pelaksanaan pembelajaran terpadu pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kecamatan Bulukerto sudah sesuai dengan yang diamanatkan oleh kurikulum yaitu diajarkan oleh satu orang guru untuk masing-masing rumpun bidang studi, dengan menggunakan pembelajaran terpadu model terhubung (connected) untuk mata pelajaran IPA dan pembelajaran terpadu model integrated untuk mata pelajaran IPS; (2) Kinerja guru mata pelajaran terpadu ditinjau dari persiapan, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi sudah baik, tetapi untuk pelaksanaan pembelajaran terpadu secara penuh masih kurang; (3) Hambatan yang dihadapi dan upaya peningkatan kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran terpadu yaitu: (a) kesulitan guru dalam mengajar dengan model pembelajaran terpadu karena latar belakang pendidikan guru yang berasal dari disiplin ilmu yang masih terpisah, upaya yang dilakukan adalah dengan: (i) Mengikuti kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran/ MGMP; (ii) Melakukan diskusi dengan guru lain; (iii) Penilaian kinerja dari kepala sekolah; (iv) Motivasi dari kepala sekolah; (b) kesulitan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa; upaya yang dilakukan yaitu kesadaran dan kreativitas guru dalam melakukan inovasi pembelajaran; (c) Materi Pelajaran yang banyak, upaya yang dilakukan yaitu penggunaan metode pembelajaran yang tepat; (d) Sarana dan prasarana yang kurang memadai, upaya yang dilakukan yaitu pengajuan sarana dan prasarana ke Dinas Pendidikan oleh kepala sekolah. Kata Kunci: Kinerja Guru, IPS Terpadu, IPA Terpadu

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: dian pratiwi
    Date Deposited: 10 Apr 2016 13:03
    Last Modified: 10 Apr 2016 13:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24383

    Actions (login required)

    View Item