ANALISIS PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN SEBAGAI SALAH SATU MEKANISME CORPORATE GOVERNANCETERHADAP KINERJA KEUANGAN PERBANKAN (Studi pada perusahaan perbankan periode 2013-2014)

Ruthyka P D, Dyah (2016) ANALISIS PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN SEBAGAI SALAH SATU MEKANISME CORPORATE GOVERNANCETERHADAP KINERJA KEUANGAN PERBANKAN (Studi pada perusahaan perbankan periode 2013-2014). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (155Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara struktur kepemilikan sebagai mekanisme corporate governance terhadap kinerja perbankan. Struktur kepemilikan merupakan variabel independen dalam penelitian ini. Struktur kepemilikan yang dimaksud meliputi kepemilikan asing, kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, dan kepemilikan pemerintah. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah kinerja keuangan yang diproksikan oleh ROA dan ROE dan variabel kontrol yang digunakan adalah ukuran perusahaan. Populasi dalam penelitian ini 39 perusahaan perbankan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2014. Data yang dikumpulkan dengan cross section. Dengan metode purposive sampling sampel maka sampel pada penelitian ini adalah 36 perusahaan perbankan. Teknik analisis yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah regresi berganda dengan SPSS 22. Hasil pengujian menunjukkan bahwa secara parsial struktur kepemilikan tidak berpengaruh terhadap kinerja perbankan, ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap kinerja perbankan dan secara bersam-sama struktur kepemilikan mempengaruhi kinerja perbankan. Nilai adj r square pada ROA adalah 19,2% dan ROE 28,6%. ROE memiliki nilai yang lebih besar, yang berarti dalam penelitian ini struktur kepemilikan lebih baik dijelaskan oleh ROE dari pada ROA. Kata kunci: kepemilikan asing, kepemilikan pemerintah, kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, kinerja perbankan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
    H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    H Social Sciences > HG Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: dian pratiwi
    Date Deposited: 10 Apr 2016 12:50
    Last Modified: 10 Apr 2016 12:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24382

    Actions (login required)

    View Item