UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) PADA SISWA KELAS X.8 SMA NEGERI 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2012/ 2013

Novita Larasati, Dyah (2016) UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) PADA SISWA KELAS X.8 SMA NEGERI 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2012/ 2013. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (871Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang meliputi performance guru, kemanfaatan fasilitas pembelajaran di kelas, iklim kelas, sikap ilmiah siswa, dan motivasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran Group Investigation pada materi ekosistem di kelas X.8 SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data penelitian menggunakan angket, observasi, dan wawancara. Teknik validasi data menggunakan teknik triangulasi metode dan triangulasi observer. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif.. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa berdasarkan triangulasi rata-rata aspek: performance guru prasiklus 58,54%, siklus I 89,58%, dan siklus II 96,87%; iklim kelas pra siklus 68,72%, siklus I 74,37%, dan siklus II 85,27%; Sikap Ilmiah siswa pra siklus 59,13%, siklus I 69,86%, dan siklus II 83,76%; Motivasi Belajar Siswa pra siklus 69,15%, siklus I 79,02%, dan siklus II 80,42%. Fasilitas pembelajaran juga sudah digunakan secara optimal. Hasil menunjukan bahwa rata-rata capaian persentase aspek kualitas pembelajaran biologi untuk prasiklus 63,85%, siklus I 78,27%, dan siklus II 86,58%. Adapun peningkatan aspek kualitas pembelajaran biologi dari hasil prasiklus sampai siklus III sebesar 33,34%. Siklus dihentikan pada siklus II karena target penelitian sudah tercapai. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan kualitas pembelajaran biologi yang meliputi aspek performance guru, iklim kelas, sikap ilmiah siswa, motivasi belajar, dan kemanfaatan fasilitas pembelajaran pada siswa kelas X. 8 SMA Negeri 5 Surakarta tahun pelajaran 2012/2013. Kata Kunci : model pembelajaran Group Investigation, Kualitas pembelajaran Biologi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: dian pratiwi
    Date Deposited: 10 Apr 2016 12:32
    Last Modified: 10 Apr 2016 12:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24381

    Actions (login required)

    View Item