STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MANAJEMEN KRISIS (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Strategi Komunikasi PT. Syakira Ghyna Rajawali Indonesia Communication dalam Manajemen Krisis guna Mengembalikan Kepercayaan Pegawai Pasca Krisis)

ANESTYA PUTRI, DWI (2016) STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MANAJEMEN KRISIS (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Strategi Komunikasi PT. Syakira Ghyna Rajawali Indonesia Communication dalam Manajemen Krisis guna Mengembalikan Kepercayaan Pegawai Pasca Krisis). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (694Kb) | Preview

    Abstract

    PT. Syakira Ghyna Rajawali Indonesia Communication merupakan salah satu event organizer dan promotor musik besar di Yogyakarta. Deretan event Rajawali dari tahun 2003 hingga 2014 terbilang banyak. Namun pada tahun 2014 Rajawali mengalami krisis di bidang finansial hingga mengharuskan perusahaan untuk vakum serta kehilangan pegawai dan secara tidak langsung citra perusahaan juga terganggu. Pada tahun 2015 Rajawali kembali bangkit dan meramaikan dunia promotor sekaligus event organizer. Dalam perjalanan tersebut Rajawali harus mengembalikan kepercayaan pegawai serta publik yang nantinya bekerja sama dengan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan Rajawali Indonesia Communication dalam manajemen krisis guna mengembalikan kepercayaan pegawai pasca krisis. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang menggambarkan keadaan subjek dan objek penelitian. Dengan menggunakan teknik purposive sampling maka subjek yang diteliti didasarkan pada ciri-ciri yang sudah diketahui sebelumnya. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah manajemen krisis yang dilakukan Rajawali Indonesia Communication adalah identifikasi penyebab krisis yang berupa kerugian penyelenggaraan beberapa event, pengelolaan finansial yang buruk, serta SDM dalam manajemen yang terlalu banyak. Setelah itu dilakukan analisis krisis berupa analisa mendalam apa yang menjadi penyebab krisis tersebut. Isolasi krisis berupa tindakan pemberhentian sementara operasional perusahaan atau vakum. Dan strategi untuk menyelesaikan krisis tersebut berupa mengubah kebijakan mengenai transparansi, modifikasi operasional tim manajemen dengan freelance, memperkuat bisnis plan, serta meluruskan citra dengan menggelar konser artis luar negeri. Program pengendalian yang dipilih perusahaan adalah kontrol finansial dan memperkuat relasi guna menjadi sponsor. Strategi komunikasi Rajawali dalam mengembalikan kepercayaan pegawai pasca krisis dilakukan dengan tahap-tahap mengenal khalayak, menyusun pesan, menetapkan metode dan seleksi penggunaan media. Jenis komunikasi yang digunakan adalah persuasif yang menggunakan teknik asosiasi, integrasi dan ganjaran. Hasil dari manajemen krisis dan strategi komunikasi yang telah dilakukan oleh Rajawali adalah terselesaikannya krisis perusahaan, kembalinya kepercayaan para pegawai sekaligus pihak-pihak lain seperti vendor dan penonton konser, serta kembalinya citra baik perusahaan di mata publik. Kata Kunci: strategi komunikasi, manajemen krisis.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: dian pratiwi
    Date Deposited: 10 Apr 2016 12:22
    Last Modified: 10 Apr 2016 12:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24379

    Actions (login required)

    View Item