UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGALIKAN BILANGAN CACAH DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BENDA KONKRET UNTUK SISWA KELAS II SD NEGERI CENGKAWAKREJO TAHUN 2009/2010

Sarkiyah, (2010) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGALIKAN BILANGAN CACAH DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BENDA KONKRET UNTUK SISWA KELAS II SD NEGERI CENGKAWAKREJO TAHUN 2009/2010. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (570Kb)

    Abstract

    SARKIYAH, UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGALIKAN BILANGAN CACAH DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BENDA KONKRET UNTUK SISWA KELAS II SDN CENGKAWAKREJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010”. PENELITIAN TINDAKAN KELAS FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA Tujuan penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas II SD Negeri Cengkawakrejo dengan menggunakan Media Benda Konkret. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian ini adalah prestasi belajar Matematika, sedangkan variable tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Media Benda Konkret Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi,dan refleksi. Sebagai teknik sampling adalah siswa kelas II SD Negeri Cengkawakrejo, Kecamatan Banyuurip, Kabupaten Purworejo yang berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, pencatatan arsip dan dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga buah komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdsarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, ada peningkatan prestasi belajar Matematika setelah diadakan tindakan kelas dengan Media Benda Konkret. Hal ini dapat ditunjukkan dengan meningkatnya prestasi siswa dari vi sebelum dan sesudah tindakan. Pada siklus I ada peningkatan untuk materi sifat perkalian bilangan dari rata-rata 56 meningkat menjadi 85. Pada siklus II ada peningkatan untuk materi penjumlahan berulang dari rata-rata 54 meningkat menjadi72. Demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan media benda konkret dapat meningkatkan prestasi belajar matematika pada siswa kelas II SD Negeri Cengkawakrejo, Kecamatan Banyuurip, Kabupaten Purworejo Tahun 2009/2010

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Muhammad Yahya Kipti
    Date Deposited: 12 Jul 2013 01:21
    Last Modified: 12 Jul 2013 01:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/2437

    Actions (login required)

    View Item