Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIA 1 SMA Negeri 2 Sukoharjo pada Materi Fluida Statis Tahun Pelajaran 2014/2015

ERNAWATI, CHRISTINA RIA (2016) Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIA 1 SMA Negeri 2 Sukoharjo pada Materi Fluida Statis Tahun Pelajaran 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (528Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2014/2015 pada materi Fluida Statis. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan model Kurt Lewin, serta model kolaboratif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus diawali dengan tahap persiapan dan dilanjutkan dengan tahap pelaksanaan siklus yang terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2014/2015 sebanyak 40 siswa. Data diperoleh melalui observasi dan tes tertulis. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data dengan statistik deskriptif. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: Penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penerapan model ini digunakan dengan metode eksperimen diskusi dan juga dilengkapi Lembar Kerja Siswa (LKS) yang diberikan kepada masing-masing kelompok. Lembar Kerja Siswa (LKS) ini berisi panduan praktikum dan lembar diskusi. Penelitian penerapan model Problem Based Learning di kelas X MIA 1 SMA Negeri 2 Sukoharjo ini pada taraf signifikansi α = 5 % mendapatkan thitung =12,68> ttabel=1,69 sehingga ada peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Sumbangan dari pembelajaran Siklus I terhadap hasil akhir kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 0,18 dan sumbangan dari pembelajaran Siklus II terhadap hasil akhir kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 0,69 dengan persamaan Y = 17,25 + 0,18X1 + 0,69X2. Kata Kunci : model Problem Based Learning, kemampuan berpikir kritis, Fluida Statis, penelitian tindakan kelas

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: fifit puspitasar
    Date Deposited: 09 Apr 2016 18:44
    Last Modified: 09 Apr 2016 18:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24333

    Actions (login required)

    View Item