pemanfaatan ekstrak daun paitan (Tithonia diversifolia Hemsl.) sebagai insektisida nabati terhadap ulat daun kubis (Plutella xylostella L.)

WICAKSONO, CATUR WAHYU (2016) pemanfaatan ekstrak daun paitan (Tithonia diversifolia Hemsl.) sebagai insektisida nabati terhadap ulat daun kubis (Plutella xylostella L.). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (329Kb) | Preview

    Abstract

    Indonesia merupakan negara yang memiliki jutaan sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan. Banyak jenis tumbuhan di indonesia yang dapat dimanfaatkan sebagai insektisida nabati. Salah satu diantaranya yaitu Paitan (Thitonia diversifolia). Larva Plutella xylostella merupakan hama penting yang sering muncul dalam lahan budidaya kobis. Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL). Metode aplikasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode semprot pada daun dan metode celup pada daun. Berdasarkan hasil pengujian, mortalitas tertinggi adalah pada metode semprot daun konsentrasi 90 gr/liter yang mencapai 64%, sedangkan hasil tertinggi untuk persentase terbentuk pupa adalah konsentrasi 0 gr/liter metode semprot daun yang mencapai 66,66%, skor kerusakan daun tertinggi pada konsentrasi 0 gr/liter (Kontrol) metode semprot daun dengan skor yang mencapai 3 ( kerusakan tinggi ).

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian > Agroteknologi
    Depositing User: fifit puspitasar
    Date Deposited: 09 Apr 2016 17:55
    Last Modified: 09 Apr 2016 17:55
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24327

    Actions (login required)

    View Item