PELAPISAN NANOPARTIKEL DAN NANOFIBER TITANIUM DIOXIDE (TiO2) DI ATAS FLUORINE-DOPED TIN OXIDE (FTO) UNTUK APLIKASI DYE-SENSITIZED SOLAR CELL (DSSC)

AYU ERYMAWATI, DIAH (2016) PELAPISAN NANOPARTIKEL DAN NANOFIBER TITANIUM DIOXIDE (TiO2) DI ATAS FLUORINE-DOPED TIN OXIDE (FTO) UNTUK APLIKASI DYE-SENSITIZED SOLAR CELL (DSSC). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (954Kb) | Preview

    Abstract

    Nanofiber TiO2 telah berhasil dibuat dari material Titanium (IV) Isopropoxide (TTIP), Acetic Acid, Ethanol, dan Polivynil Pyrolidone (PVP) menggunakan electrospinning. Lapisan nanofiber dibuat di atas lapisan nanopartikel yang dideposisi dengan menggunakan spin coating. Lapisan nanofiber dibuat dengan variasi waktu pelapisan yaitu 10 menit, 15 menit dan 20 menit dengan suhu annealing yang sama yaitu 450°C selama 3 jam. Fase nanofiber TiO2 dikarakterisasi menggunakan X-Ray Diffraction (XRD) dan morfologi nanofiber TiO2 diamati menggunakan Atomic Force Microscopy (AFM). Efisiensi Dye Sensitized Solar Cell (DSSC) dapat diperoleh dari kurva arus-tegangan I-V meter. Pola difraksi XRD nanofiber TiO2 menunjukkan semua puncak adalah fase anatase. Nanofiber TiO2 mempunyai diameter rata-rata 781 nm. Nanofiber TiO2 pada waktu pelapisan 15 menit tersebar merata di atas FTO dibanding dengan waktu pelapisan 10 menit dan 20 menit. Sehingga waktu pelapisan 15 menit dipilih untuk aplikasi DSSC dengan β-carotene wortel sebagai dye, larutan I3-/I- sebagai elektrolit dan lapisan karbon sebagai katalis. Pelapisan nanofiber di atas lapisan nanopartikel dapat meningkatkan efisiensi DSSC sekitar 20% dibandingkan dengan hanya lapisan nanopartikel saja. Hal ini diperkirakan bahwa nanofiber berfungsi dominan sebagai penjebak foton sedang nanopartikel berfungsi dominan sebagai penyerap dye sehingga interaksi antara foton dan dye semakin banyak. Interaksi foton dan dye menghasilkan elektron. Banyaknya elektron yang dihasilkan dapat meningkatkan efisiensi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
    Depositing User: dian pratiwi
    Date Deposited: 09 Apr 2016 15:40
    Last Modified: 09 Apr 2016 15:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24315

    Actions (login required)

    View Item