EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF SETTING KOOPERATIF (PISK) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SEMESTER I SMP NEGERI 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014

Utami, Fransisca Tyas Tri (2016) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF SETTING KOOPERATIF (PISK) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SEMESTER I SMP NEGERI 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (1541Kb) | Preview

    Abstract

    Fransisca Tyas Tri Utami. EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF SETTING KOOPERATIF (PISK) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SEMESTER I SMP NEGERI 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Manakah prestasi belajar matematika yang lebih baik antara siswa yang diberikan model Pembelajaran Interaktif Setting Kooperatif (PISK) atau siswa yang diberikan model pembelajaran langsung pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel, (2) Manakah prestasi belajar matematika yang lebih baik antara siswa yang memiliki aktivitas belajar matematika tinggi, aktivitas belajar matematika sedang, atau aktivitas belajar matematika rendah pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel, (3) Manakah prestasi belajar matematika yang lebih baik pada penerapan model Pembelajaran Interaktif Setting Kooperatif (PISK), apakah siswa dengan aktivitas belajar matematika tinggi, sedang atau rendah, (4) Manakah prestasi belajar matematika yang lebih baik pada penerapan model pembelajaran langsung, apakah siswa dengan aktivitas belajar matematika tinggi, sedang atau rendah, (5) Manakah prestasi belajar matematika yang lebih baik pada siswa dengan aktivitas belajar matematika tinggi, apakah siswa yang diberikan model Pembelajaran Interaktif Setting Kooperatif (PISK) atau model pembelajaran langsung, (6) Manakah prestasi belajar matematika yang lebih baik pada siswa dengan aktivitas belajar matematika sedang, apakah siswa yang diberikan model Pembelajaran Interaktif Setting Kooperatif (PISK) atau model pembelajaran langsung, (7) Manakah prestasi belajar matematika yang lebih baik pada siswa dengan aktivitas belajar matematika rendah, apakah siswa yang diberikan model Pembelajaran Interaktif Setting Kooperatif (PISK) atau model pembelajaran langsung. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimental semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Surakarta yang terdiri dari 8 kelas dengan banyaknya siswa 250. Sampel yang digunakan adalah 60 siswa, yang diambil dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Uji coba instrumen dilaksanakan di SMP Negeri 10 Surakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi untuk memperoleh data yang berupa nilai Mid Semester I mata pelajaran matematika dari siswa kelas VIII yang digunakan untuk menguji keseimbangan rataan kondisi awal kelas eksperimen dan kelas kontrol, metode angket untuk data aktivitas belajar matematika siswa dan metode tes untuk mengumpulkan data mengenai prestasi belajar matematika siswa pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Sebagai persyaratan uji analisis variansi yaitu populasi berdistribusi normal menggunakan uji Lilliefors dan populasi mempunyai variansi yang sama (homogen) menggunakan metode Bartlett. vii Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Model Pembelajaran Interaktif Setting Kooperatif (PISK) memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada model pembelajaran langsung pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel, (2) Siswa yang memiliki aktivitas belajar matematika tinggi memiliki prestasi belajar matematika yang sama baiknya dengan siswa yang memiliki aktivitas belajar matematika sedang. Dan siswa yang memiliki aktivitas belajar matematika tinggi dan sedang memiliki prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa yang memiliki aktivitas belajar matematika rendah pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel, (3) Pada penerapan model Pembelajaran Interaktif Setting Kooperatif (PISK), siswa yang memiliki aktivitas belajar matematika tinggi menghasilkan prestasi belajar matematika yang sama baiknya dengan siswa yang memiliki aktivitas belajar matematika sedang. Dan siswa yang memiliki aktivitas belajar matematika tinggi dan sedang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa yang memiliki aktivitas belajar matematika rendah pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel, (4) Pada penerapan model pembelajaran langsung, siswa yang memiliki aktivitas belajar matematika tinggi menghasilkan prestasi belajar matematika yang sama baiknya dengan siswa yang memiliki aktivitas belajar matematika sedang. Dan siswa yang memiliki aktivitas belajar matematika tinggi dan sedang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa yang memiliki aktivitas belajar matematika rendah pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel, (5) Pada siswa yang memiliki aktivitas belajar matematika tinggi, model Pembelajaran Interaktif Setting Kooperatif (PISK) menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada model pembelajaran langsung pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel, (6) Pada siswa yang memiliki aktivitas belajar matematika sedang, model Pembelajaran Interaktif Setting Kooperatif (PISK) menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada model pembelajaran langsung pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel, (7) Pada siswa yang memiliki aktivitas belajar matematika rendah, model Pembelajaran Interaktif Setting Kooperatif (PISK) menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada model pembelajaran langsung pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Kata Kunci: Pembelajaran Interaktif Setting Kooperatif, aktivitas belajar matematika, prestasi belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: anggra prasasti
    Date Deposited: 09 Apr 2016 11:56
    Last Modified: 09 Apr 2016 11:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24286

    Actions (login required)

    View Item