EFEKTIVITAS METODE KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA PETA KONSEP TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI PADA MATERI STOIKIOMETRI (Siswa Kelas X Semester Genap SMA N 2 Wonogiri Tahun Pelajaran 2014/2015)

Muslichatun, Diana (2016) EFEKTIVITAS METODE KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA PETA KONSEP TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI PADA MATERI STOIKIOMETRI (Siswa Kelas X Semester Genap SMA N 2 Wonogiri Tahun Pelajaran 2014/2015). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (810Kb) | Preview

    Abstract

    Diana Muslichatun. K3311020. EFEKTIVITAS METODE KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA PETA KONSEP TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI PADA MATERI STOIKIOMETRI (Siswa Kelas X Semester Genap SMA N 2 Wonogiri Tahun Pelajaran 2014/2015). Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Januari 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan prestasi belajar siswa menggunakan metode kooperatif tipe STAD dan tipe TGT berbantuan media peta konsep pada materi stoikiometri, (2) perbedaan prestasi belajar siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dan rendah pada materi stoikiometri, (3) interaksi antara metode kooperatif tipe STAD dengan tipe TGT berbantuan media peta konsep dengan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar siswa pada materi stoikiometri. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Populasi penelitian adalah siswa kelas X semester genap SMA N 2 Wonogiri tahun pelajaran 2014/2015. Sampel diperoleh dengan teknik cluster random sampling yakni kelas X MIA 1 dan X MIA 6. Teknik pengumpulan data menggunakan: (1) teknik dokumentasi untuk mendapatkan data ulangan tengah semester, (2) teknik tes digunakan untuk mengukur prestasi belajar pengetahuan siswa, (3) Angket digunakan untuk mengukur prestasi belajar sikap siswa dan motivasi berprestasi siswa, (4) observasi digunakan untuk mengukur prestasi belajar sikap dan keterampilan siswa. Analisis data prestasi belajar aspek pengetahuan menggunakan uji statistik parametrik General Linear Model Univariate, sedangkan analisis data prestasi belajar aspek sikap dan keterampilan menggunakan uji statistik non parametrik Kruskal-Wallis H. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan prestasi belajar aspek pengetahuan dan keterampilan siswa menggunakan metode kooperatif tipe STAD dan tipe TGT berbantuan media peta konsep pada materi stoikiometri, akan tetapi tidak terdapat perbedaan prestasi belajar aspek sikap siswa menggunakan metode kooperatif tipe STAD dan tipe TGT berbantuan media peta konsep pada materi stoikiometri, dengan hasil rataan nilai prestasi pengetahuan dan keterampilan siswa dengan metode kooperatif tipe STAD berbantuan media peta konsep lebih baik dibandingkan metode kooperatif tipe TGT berbantuan media peta konsep, (2) tidak ada perbedaan prestasi belajar aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dan rendah pada materi stoikiometri, (3) tidak ada interaksi antara metode kooperatif tipe STAD dengan tipe TGT berbantuan media peta konsep dengan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan siswa pada materi stoikiometri. Kata kunci : Student Teams Achievement Divisions, Teams Games Tournament, Peta Konsep, Motivasi Berprestasi, Prestasi Belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: satria mahendra
    Date Deposited: 09 Apr 2016 17:54
    Last Modified: 09 Apr 2016 17:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24278

    Actions (login required)

    View Item