DAMPAK EKONOMI DAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA DI DESA WISATA RUMAH DOME, KECAMATAN PRAMBANAN, KABUPATEN SLEMAN ,DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

WAHYUNINGRUM, YULIANA TITIS (2016) DAMPAK EKONOMI DAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA DI DESA WISATA RUMAH DOME, KECAMATAN PRAMBANAN, KABUPATEN SLEMAN ,DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (413Kb) | Preview

    Abstract

    Desa Wisata Rumah Dome merupakah salah satu desa wisata di wilayah Kabupaten Sleman yang berada di Kampung New Nglepen. Daya tarik utama dari desa wisata ini adalah bentuk rumah warganya. Kampung ini dibangun setelah adanya gempa bumi Yogyakarta, dengan tujuan untuk merelokasi warga Nglepen.Dibangunnya Desa Wisata Rumah Dome diharapkan dapat meningkatkan perekonomian warga Kampung New Nglepen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil dari Desa Wisata Rumah Dome, partisipasi warga Kampung New Nglepen dalam pengembangan pariwisata, serta dampak ekonomi desa wisata bagi warga Kampung New Nglepen. Penelitihan ini menggunakan metode deskriptif kualitatif.. Hasil penelitihan menunjukkan bahwa dari sisi penawaran pariwisata (4A), Desa Wisata Rumah Dome memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi sebuah desa wisata. Berdasarkan sisi permintaan, pengunjung yang datang adalah kalangan anak-anak muda dan aktivitas pengunjung yang datang hanya sekedar melihat-lihat. Partisipasi masyarakat ditunjukkan dengan pengelolaan desa wisata yang dilakukan oleh warga Kampung New Nglepen, tapi tingkat partisipasinya masih kurang. Pembentukan desa wisata ini memberikan dampak ekonomi bagi warga, yaitu peningkatan pendapatan dan pembebasan pembayaran sewa tanah. Saran yang dapat penulis berikan untuk penelitihan ini adalah : pemberian edukasi secara intensif kepada warga mengenai pengelolaan desa wisata, diadakan pelatihan pembuatan souvenir dan oleh-oleh khas dari desa wisata, pengemasan ulang paket wisata yang lebih inovatif dan atraktif, serta perbaikan dan perawatan rumah dome beserta fasilitas-fasilitas pariwisata di sana.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan
    Depositing User: satria mahendra
    Date Deposited: 09 Apr 2016 18:15
    Last Modified: 09 Apr 2016 18:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24270

    Actions (login required)

    View Item