PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FILM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DITINJAU DARI HASIL BELAJAR BAGI SISWA SMP NEGERI BATURETNO WONOGIRI

NUGRAHA, YOGA PRASETYA ADI (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FILM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DITINJAU DARI HASIL BELAJAR BAGI SISWA SMP NEGERI BATURETNO WONOGIRI. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (204Kb) | Preview

    Abstract

    Yoga Prasetya A.N. S881208022. Pengaruh Penggunaan Media Film Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar Bagi Siswa SMP Negeri Baturetno Wonogiri. Tesis. 2015. Pembimbing I: Ch. Muryani., II: R. Sudaryanto. Program Studi Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup Minat Utama Pendidikan GeografiUniversitas Sebelas Maret. Tujuan penelitian antara lain: 1) Mengetahui pengaruh penggunaan media film dalam pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa pada pelajaran Geografi di SMP Negeri Baturetno Wonogiri.2) Mengetahui pengaruh penggunaan media film dalam pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran Geografi di SMP Negeri Baturetno Wonogiri. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan tehnik sampel bertujuan (Purposive Sample). Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest control group design dengan satu macam perlakuan yaitu eksperimen quasi (quasi experimental research).Data primer dalam penelitian ini berupa hasil tes prestasi belajar siswa dan angket motivasi belajar siswa SMP Negeri Baturetno Wonogiri. Sampel penelitian dengan menggunakan metode Cluster sampling, melalui komputer multimedia penelitian berdasarkan kelompok anggota yang terhimpun pada gugusan (cluster). Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Negeri Baturetno dengan perlakuan melihat media film dan dengan menggunakan pembelajaran konvensional.Uji t digunakan untuk mengetahui perbedaan nilai hasil belajar (test) antara sebelum dan sesudah diberi perlakuan pada kelompok eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan yang diberikan pada penelitian ini berpengaruh signifikan pada peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Dimana t tabel = -7,673 signifikan pada taraf =5% (Sig. < 0,05)

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LC Special aspects of education
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > PKLH
    Depositing User: satria mahendra
    Date Deposited: 09 Apr 2016 18:17
    Last Modified: 09 Apr 2016 18:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24268

    Actions (login required)

    View Item