Analisis Pengaruh Penggunaan Alat Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Terhadap Kinerja Pekerja Konstruksi (Studi Kasus Pembangunan Waduk Logung Kabupaten Kudus, Jawa Tengah)

Ridwansyah, Fajar (2016) Analisis Pengaruh Penggunaan Alat Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Terhadap Kinerja Pekerja Konstruksi (Studi Kasus Pembangunan Waduk Logung Kabupaten Kudus, Jawa Tengah). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (19Kb) | Preview

    Abstract

    Fajar Ridwansyah, 2015, Analisis Pengaruh Penggunaan Alat Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Terhadap Kinerja Pekerja Konstruksi (Studi Kasus Pembangunan Waduk Logung Kabupaten Kudus, Jawa Tengah). Skripsi, Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret. Menurut Ervianto 2005 dalam Satriawan 2009, Faktor – faktor keselamatan dan kesehatan kerja (K3) sangat berpengaruh terhadap kinerja dari sebuah proyek, sehingga harus diperhatikan dengan sungguh – sungguh. Pengabaian faktor tersebut terbukti mengakibatkan tingginya tingkat kecelakaan kerja pada proyek konstruksi. Sehingga akan menambah biaya asuransi tenaga kerja dan mempengaruhi kinerja proyek. Oleh karena itu, saat pelaksanaan pekerjaan konstruksi diwajibkan untuk menerapkan sistem keselamatan dan kesehatan kerja (K3). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor keselamatan dan kesehatan kerja (K3) terhadap kinerja pekerja konstruksi pada proyek pembangunan Waduk Logung Kabupaten Kudus. Tahapan penelitian ini adalah studi berbagai literatur yang ada untuk menentukan variabel yang akan digunakan. Tahap selanjutnya mendesain kuisioner penelitian kemudian melakukan pengambilan data dengan cara wawancara langsung dan dengan metode Simple Random Sampling. Data yang diperoleh dari kuisioner dijelaskan melalui analisis deskriptif dan untuk mengetahui pengaruh keselamatan dan kesehatan kerja (K3) terhadap kinerja pekerja konstruksi digunakan analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel bebas Pemakaian Masker (X6), Pemakaian Sabuk Keselamatan (X8) dan Pemakaian Sepatu Karet (X9) terhadap masalah K3 secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan dan positif terhadap variabel kinerja pekerja konstruksi pada proyek pembangunan Waduk Logung Kabupaten Kudus, dimana pengaruh variabel X6 sebesar 0,265 atau 26,5 %, X8 sebesar 0,233 atau 23,3 % dan variabel X9 sebesar 0,283 atau 28,3 %. Pada penelitian ini juga menunjukkan bahwa variabel Pemakaian Sepatu Karet (X9) berpengaruh dominan dibandingkan variabel Pemakaian Masker (X6) dan Pemakaian Sabuk Keselamatan (X8). Kata kunci: Faktor-faktor Keselamatan dan Kesehatan Kerja, K3, Kinerja Pekerja Konstruksi,

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Sipil
    Depositing User: anggra prasasti
    Date Deposited: 09 Apr 2016 16:19
    Last Modified: 09 Apr 2016 16:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24251

    Actions (login required)

    View Item