PENDIDIKAN NILAI MORAL DI TENGAH KRISIS IDENTITAS GENERASI MUDA (Studi Pesan Nilai Moral Dalam Film “Ada Surga di Rumahmu” Menggunakan Analisis Semiotika Roland Barthes)

Permata, Arindita Kurnia (2016) PENDIDIKAN NILAI MORAL DI TENGAH KRISIS IDENTITAS GENERASI MUDA (Studi Pesan Nilai Moral Dalam Film “Ada Surga di Rumahmu” Menggunakan Analisis Semiotika Roland Barthes). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (515Kb) | Preview

    Abstract

    Objek penelitian Skripsi ini adalah film “Ada Surga di Rumahmu” dengan durasi 106 menit yang diangkat dari kisah nyata kehidupan Ustaz Ahmad Al Habsyi. Film ini menceritakan sosok Ramadhan kecil yang ingin menjadi artis terkenal, tetapi kedua orang tuanya memasukkan Ramadhan ke pesantren karena ingin anaknya menjadi orang yang memiliki ilmu agama. Untuk menjawab rumusan masalah, penelitian ini dianalisis menggunakan analisis semiotika Roland Barthes. Dimana scene-scene dalam film dengan melalui signifikasi dua tahap yaitu denotasi dan konotasi, kemudian dikaitkan dengan mitos. Pesan moral dalam film ini disampaikan melalui lambang verbal yang berupa dialog atau teks. Dan lambang nonverbal yang dapat dilihat dari gestur, mimik wajah, suara, serta teknik pengambilan gambar. Berdasarkan hasil penelitian, Film “Ada Surga di Rumahmu” yang rilis pada bulan April 2015 merupakan salah satu jawaban di tengah krisis moral yang dialami bangsa Indonesia saat ini. Adapun pesan moral yang terdapat dalam film “Ada Surga di Rumahmu” terdiri atas moral kejujuran, kerendahan hati, dan keberanian. Film ini juga mengangkat kebudayaan Palembang melalui: Bahasa yang digunakan yaitu Babaso dan Baso Sari-sari. Makanan yang meliputi Empekempek, Pindang Meranjat, dan Laksa. Nama daerah di Palembang yaitu Alam Indah, Kayu Agung, dan Metro Alam. Rumah adat khas Palembang yaitu Rumah Limas dan Rakit. Jembatan Ampera dan Sungai Musi yang merupakan landmark kota Palembang, Sumatera Selatan. Kain tradisional Palembang yaitu songket, serta kebiasaan kaum laki-laki Palembang yang suka berkumpul di warung kopi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: fifit puspitasar
    Date Deposited: 09 Apr 2016 17:33
    Last Modified: 09 Apr 2016 17:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24246

    Actions (login required)

    View Item