PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK KELAS X TGB.B SMK NEGERI 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

LESTARI, RANIKA (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK KELAS X TGB.B SMK NEGERI 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (641Kb) | Preview

    Abstract

    Ranika Lestari. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK KELAS X TGB.B SMK NEGERI 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Desember 2015. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check dapat meningkatkan peran aktif dalam proses pembelajaran, (2) mengetahui model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check dapat meningkatkan prestasi belajar Mekanika Teknik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi data dan analisis data secara analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan (1) Model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check dapat meningkatkan peran aktif siswa dalam proses pembelajaran, keaktifan diskusi 17 siswa pada pra siklus, 24 siswa pada siklus I, dan 26 siswa pada siklus II; keaktifan bertanya 14 siswa pada pra siklus, 25 siswa pada siklus I, dan 27 siswa pada siklus II; kerjasama kelompok 16 siswa pada pra siklus, 27 siswa pada siklus I, dan 28 siswa pada siklus II (2) Prestasi Belajar siswa: Ranah Kognitif 28,13% pada pra siklus, 65,62% pada Siklus I dan 78,12% pada Siklus II; Ranah Afektif berpredikat Baik (B) 10 siswa pada pra siklus, berpredikat Sangat Baik (SB) 3 siswa dan berpredikat Baik (B) 20 siswa pada Siklus I, dan berpredikat Sangat Baik (SB) 10 siswa dan 19 siswa berpredikat Baik (B) pada Siklus II; Ranah Psikomotorik 43,75% pada pra siklus, 65,62% pada Siklus I dan 81,25% pada Siklus II. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check dapat meningkatkan peran aktif siswa dalam mengikuti pembelajaran. Penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Pair Check dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X TGB.B SMK Negeri 2 Surakarta pada mata pelajaran Mekanika Teknik.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Bangunan
    Depositing User: satria mahendra
    Date Deposited: 09 Apr 2016 18:23
    Last Modified: 09 Apr 2016 18:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24238

    Actions (login required)

    View Item