TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA KELAS VII SMP N 1 KEBONARUM KLATEN TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016

Pastiwi, Anis (2016) TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA KELAS VII SMP N 1 KEBONARUM KLATEN TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (309Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan teknik role playing untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa kelas VII SMP N 1 Kebonarum Klaten tahun pelajaran 2015 / 2016. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimental Design). Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP N 1 Kebonarum Klaten yang memiliki kecerdasan interpersonal rendah. Subjek penelitian berjumlah 82 siswa yang terbagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, 41 siswa untuk kelompok eksperimen dan 41 siswa untuk kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan adalah angket kecerdasan interpersonal untuk melaksanakan pretest dan posttest. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif t-test dan analisis klinis. Hasil analisis menunjukkan bahwa hasil uji t-test sebesar 2,281 dengan nilai signifikansi 0,006 jika dibandingkan t tabel (df = 80, sig 0,05, t = 2,000) maka t hitung > t tabel dan taraf signifikansi < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa ada peningkatan kecerdasan interpersonal pada kelompok eksperimen sesudah diberi treatment berupa role playing. Hal tersebut menunjukkan bahwa role playing efektif untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal pada siswa kelas VII SMP N 1 Kebonarum Klaten Tahun pelajaran 2015 / 2016.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LC Special aspects of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: fifit puspitasar
    Date Deposited: 09 Apr 2016 17:34
    Last Modified: 09 Apr 2016 17:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24237

    Actions (login required)

    View Item