PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA MANIPULATIF PADA KELOMPOK B TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KARANGASEM TAHUN AJARAN 2014/2015

MUSLIHAH NUR’AINI, BETIK (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA MANIPULATIF PADA KELOMPOK B TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KARANGASEM TAHUN AJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (175Kb) | Preview

    Abstract

    Betik Muslihah Nur’aini. PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA MANIPULATIF PADA KELOMPOK B TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KARANGASEM TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Desember 2015 Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui penggunaan media manipulatif pada kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Karangasem tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Karangasem tahun ajaran 2014/2015 dengan jumlah 23 anak didik yang terdiri dari 7 anak lakilaki dan 16 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, tes/ pemberian tugas, unjuk kerja, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis model interaktif, yang terdiri dari tiga komponen yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan media manipulatif dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Karangasem tahun ajaran 2014/2015. Hal ini dapat ditunjukkan pada peningkatan rata-rata penilaian yang pada prasiklus sebanyak 8 anak dengan persentase 34,78%, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 13 anak dengan persentase 56,53% dan pada siklus II meningkat menjadi 19 anak dengan persentase 82,61%. Kata kunci: konsep bilangan, media manipulatif.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: fauzi ahmad
    Date Deposited: 08 Apr 2016 20:21
    Last Modified: 08 Apr 2016 20:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24232

    Actions (login required)

    View Item