INTERAKSI SOSIAL ANTARA PEDAGANG KULINER LOKAL DENGAN WISATAWAN KULINER LOKAL DALAM MENGEMBANGKAN WISATA KULINER LOKAL DI KOTA SURAKARTA

UTAMA, RADIKA INDRA (2016) INTERAKSI SOSIAL ANTARA PEDAGANG KULINER LOKAL DENGAN WISATAWAN KULINER LOKAL DALAM MENGEMBANGKAN WISATA KULINER LOKAL DI KOTA SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (303Kb) | Preview

    Abstract

    RADIKA INDRA UTAMA, D0311054. Interaksi Sosial antara Pedagang Kuliner Lokal dengan Wisatawan Kuliner Lokal dalam Mengembangkan Wisata Kuliner Lokal di Kota Surakarta. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Sebelas Maret. Surakarta, 2015. Tujuan penelitian ini ialah mengetahui interaksi sosial antara pedagang kuliner lokal dengan wisatawan kuliner lokal dalam mengembangkan wisata kuliner lokal di Kota Surakarta dan mengetahui potensi kuliner lokal yang ada di Kota Surakarta Sejalan dengan penelitian tersebut, metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dipilih dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teori Interaksi Sosial oleh George Simmel dan Pertukaran Sosial George Hommans, untuk melihat interaksi sosial dan pertukaran sosial diantara pedagang kuliner lokal dengan wisatawan kuliner lokal dalam mengembangkan wisata kuliner lokal di Kota Surakarta. Data dianalisis dengan analisis model interaktif yang menggunakan tiga komponen utama, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian yang diperoleh dari interaksi sosial antara pedagang kuliner lokal dengan wisatan kuliner lokal dalam mengembangkan wisata kuliner lokal di Kota Surakarta, didapatkan kesimpulan bahwa pedagang kuliner lokal dalam mengkomunikasikan produk kuliner lokalnya dengan menggunakan spanduk, getok tular, dan internet. Pedagang kuliner lokal dalam memberikan pelayanannya dengan cara ramah, bersih, dan cepat. Kerja sama antara pedagang kuliner lokal dengan wisatawan kuliner lokal adalah wisatawan kuliner lokal memfoto dan mengunggah kuliner lokal ke media sosial mereka. Pertukaran sosial yang terjadi antara pedagang kuliner lokal dengan wisatawan kuliner lokal adalah pertukaran sosial dengan proposisi sukses. Kota Surakarta selain terkenal dengan wisata budayanya, juga dikenal dengan wisata kuliner lokalnyaseperti nasi liwet, selat solo, timlo solo, tengkleng, dll. Wisata kuliner lokal di Kota Surakarta memiliki potensi yang cukup tinggi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
    Depositing User: satria mahendra
    Date Deposited: 09 Apr 2016 18:30
    Last Modified: 09 Apr 2016 18:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24225

    Actions (login required)

    View Item