OPTIMALISASI DESAIN TURBIN PLTA PICOHYDRO UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI DAYA DENGAN BANTUAN SOFTWARE CFD DAN KONSEP REVERSE ENGINEERING

Farhan, Aip Pradipta (2016) OPTIMALISASI DESAIN TURBIN PLTA PICOHYDRO UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI DAYA DENGAN BANTUAN SOFTWARE CFD DAN KONSEP REVERSE ENGINEERING. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (422Kb) | Preview

    Abstract

    Piko hidro adalah energi yang ramah lingkungan, dapat diandalkan, murah dan mampu untuk memenuhi kebutuhan listrik untuk penduduk didaerah terpencil, meskipun daya yang dihasilkan kurang dari 5 kW. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan nilai torsi pada turbin dengan menggunakan variasi jumlah sudu dan kemiringan sudu yang ditinjau dengan besaran debit yang sudah ditentukan. Simulasi piko hidro menggunakan Solidworks. Penelitian dilakukan dengan variasi kemiringan sudu 50°, 60°, 70°, 80°. Variasi jumlah sudu turbin adalah 3, 4 ,5 dan 6. Menggunakan rincian pemodelan (Patrick Ho-yan, 2012) digunakan sebagai desain dasar dalam melakukan simulasi CFD, dengan variasi laju aliran volume yaitu 5.61 L/s, 7.3 L/s, 11.1 L/s, dan 12.9 L/s. Simulasi yang didapatkan berupa visualisasi tekanan pada permukaan turbin dan torsi yang mengenai turbin. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai torsi yang maksimal terdapat pada kemiringan sudu 70° dan jumlah sudu 6 dengan menghasilkan nilai torsi sebesar 2.134 Nm pada variasi debit air 12.9 L/s. Simulasi penelitian ini mampu memberikan desain turbin yang baik untuk piko hidro.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
    Depositing User: fifit puspitasar
    Date Deposited: 09 Apr 2016 17:37
    Last Modified: 09 Apr 2016 17:37
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24222

    Actions (login required)

    View Item