KARAKTERISASI LAPISAN SHELLAC-MONTMORILLONITE KOMPOSIT YANG DIPLASTISASI DENGAN POLIETILENA GLIKOL (PEG) BERAT MOLEKUL 400

NUGROHO, R DICKY AGUNG (2016) KARAKTERISASI LAPISAN SHELLAC-MONTMORILLONITE KOMPOSIT YANG DIPLASTISASI DENGAN POLIETILENA GLIKOL (PEG) BERAT MOLEKUL 400. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (805Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini mengkaji tentang karakterisasi lapisan shellacmontmorillonite komposit yang diplastisasi dengan Polietilena glikol (PEG) berat molekul 400. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan stabilitas dan sifat fisis dari shellac yaitu dengan mengetahui penyebaran montmorillonite (MMT) pada shellac dan PEG yang terbentuk, sifat termal, dan sifat perintang air dari shellac. Lapisan shellac-MMT komposit yang diplastisasi PEG 400 dibuat dengan metode solution casting dengan varian konsentrasi clay 5% , 10% , 20% , 30% , dan 40% b/b. Sedangkan untuk konsentrasi PEG dibuat konstan yaitu 10% b/b. Lapisan PEG-shellac-MMT dikarakterisasi dengan spektroskopi X-Ray Diffraction (XRD), Differential Scanning Calorimetry (DSC), dan Water Vapour Transmission Rate (WVTR). Data XRD menunjukkan peningkatan nilai dspacing MMT di dalam lapisan yang terbentuk dibandingkan MMT murni, ini menunjukkan bahwa struktur yang terbentuk dari lapisan merupakan interkalasi nanokomposit. Sifat perintang air terhadap lapisan PEG-Shellac-MMT menunjukkan peningkatan kumulasi uap air oleh waktu penyimpanan. Stabilitas perintang air yang optimal terletak pada konsentrasi MMT 5% b/b di bulan 1 sebesar 15,60 ± 4,71 gr/m2day. Data DSC menunjukkan Penambahan MMT 10% dan 20% b/b dapat meningkatkan stabilitas termal dari lapisan shellac yang ditunjukan oleh peningkatan suhu Transition glass (Tg). Lapisan PEG-shellac tanpa MMT memiliki nilai Tg sebesar 51,875oC sedangkan untuk lapisan yang mengandung MMT 10% b/b memiliki nilai Tg sebesar 53,075oC dan untuk lapisan yang mengandung MMT 20% b/b memiliki nilai Tg sebesar 53,025oC.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
    Depositing User: satria mahendra
    Date Deposited: 09 Apr 2016 18:33
    Last Modified: 09 Apr 2016 18:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24220

    Actions (login required)

    View Item