HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI AKADEMIK INTRINSIK DENGAN SELF DIRECTED LEARNING READINESS (SDLR) PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET

Wardani, R. rr. Ervina Kusuma (2016) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI AKADEMIK INTRINSIK DENGAN SELF DIRECTED LEARNING READINESS (SDLR) PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (631Kb) | Preview

    Abstract

    v Wardani, G0012168, 2015. Hubungan Motivasi Akademik Intrinsik dengan Self Directed Learning Readiness (SDLR) pada Mahasiswa Fakultas Kedoteran Universitas Sebelas Maret. Skripsi. Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Latar Belakang: Self Directed Learning Readiness (SDLR) yang tinggi dibutuhan untuk Mahasiswa Fakultas Kedokteran untuk menerapkan pembelajaran sepanjang hayat. SDLR dibentuk dari pengelolaan diri, motivasi akademik, dan pengendalian diri. Motivasi yang memengaruhi kegiatan akademik disebut motivasi akademik. Motivasi terbagi menjadi motivasi akademik intrinsik dan motivasi akademik ekstrinsik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi akademik intrinsik dengan Self Directed Learning Readiness (SDLR). Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan jenis penelitian observasional analitik rancangan penelitian cross sectional. Sampel penelitian ini adalah Mahasiswa Program Studi Kedokteran Universitas Sebelas Maret angkatan 2013, 2014, dan 2015 yang dipilih dengan metode stratified random sampling. Data motivasi akademik intrinsik diambil dengan bagian kuesioner motivasi akademik intrinsik dari Academic Motivation Scale (AMS) yang telah dialihbahasa serta diuji validitas dan reliabilitas. Data SDLR diambil dengan kuesioner SDLR-NE yang telah dialih bahasa serta duji validitas dan reliabilitas. Analisis statistik menggunakan uji korelasi Pearson. Hasil Penelitian: Hasil uji normalitas data didapatkan motivasi akademik intrinsik dan Self Directed Learning Readiness (SDLR) berdistribusi normal. Hasil uji korelasi Pearson 0,474 dengan p = 0,000. Simpulan Penelitian: Semakin tinggi nilai motivasi akademik intrinsik maka semakin tinggi nilai SDLR, dengan kekuatan korelasi sedang dan bermakna secara statistik.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Kedokteran
    Depositing User: satria mahendra
    Date Deposited: 09 Apr 2016 18:34
    Last Modified: 09 Apr 2016 18:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24214

    Actions (login required)

    View Item