PERAN DINAS KOPERASI DAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH(UMKM) KOTA SURAKARTA DALAM MENGEMBANGKAN UMKM DI KELURAHAN SEMANGGI KOTA SURAKARTA

Virgantari, Putri (2016) PERAN DINAS KOPERASI DAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH(UMKM) KOTA SURAKARTA DALAM MENGEMBANGKAN UMKM DI KELURAHAN SEMANGGI KOTA SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (644Kb) | Preview

    Abstract

    Putri Virgantary, D0111071, 2015. Peran Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Surakarta dalam Mengembangkan UMKM di Kelurahan Semanggi Kota Surakarta. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Pengembangan UMKM diharapkan dapat berfungsi sebagai akar penompang dalam pembangunan ekonomi, sehingga diperlukan usha-usaha yang ditunjukkan untuk mengembangkan UMKM. Kelurahan Semanggi yang memiliki potensi UMKM yang bagus baik itu dari segi kualitas maupun kuantitas, berusaha untuk mengembangkan sektor UMKMnya. Lembaga yang diberi wewenang dalam mengembangkan UMKM adalah Dinas Koperasi dan UMKM Kota Surakarta. Dalam upaya pengembangan UMKM diperlukan suatu peran yang tepat untuk mengembangkan UMKM tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetauhi bagaimana peran Dinas Koperasi dan UMKM Kota Surakarta dalam mengembangkan UMKM di Kelurahan Semanggi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori peran pemerintah oleh Diva Gede yang menyebutkan bahwa peran pemerintah untuk mengembangkan UMKM melalui tiga peran yaitu peran pemerintah sebagai Fasilitator, Regulaor, Katalisator. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Tentu informan yang diperoleh dengan tehnik purposive sampling. Seperti Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Staff di Dinas Koperasi dan UMKM, serta beberapa pengrajin UMKM yang ada di Kelurahan Semanggi. Agar diperoleh data yang benar-benar sesuai dengan kenyataan dan teruji validitasnya, maka dipergunakan tringgulasi data, sedangkan tehnik analisis data menggunakan analisa interaktif. Dari hasil penelitian, dapat diketauhi bahwa Dinas Koperasi dan UMKM Kota Surakarta menjalankan perannya berbagai kegiatan yaitu Peran Dinas Koperasi dan UMKM Kota Surakarta dalam mengembangkan UMKM di Kelurahan Semanggi adalah memfasilitasi perkembangan UMKM yang berada di Kelurahan Semanggi. Bantuan yang diberikan adalah berupa bantuan peralatan tepat guna, sinergitas program pengembangan SDM industri, fasilitas peningkatan jaringan produksi, pengembangan informasi produksi industri. Tujuan pemberian sarana dan prasana ini adalah untuk mengembangkan SDM industri yang berkualiatas, proposional dan kemampuan teknis tinggi guna mendukung peningkata produksi industri. Rekomendasi penulis yang diajukkan oleh penulis untuk Dinas Koperasi dan UMKM dalam hal pengembangan UMKM adalah dengan ditambahnya sarana pendukung dalam kegiatan pemberian penyuluhan dan pembinaan industri kecil dan menengah seperti dana, serta fasilitas-fasilitas pendukung lainya serta memperluas akses pasar untuk lebih mengenalkan produk dari industri.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
    Depositing User: satria mahendra
    Date Deposited: 09 Apr 2016 18:35
    Last Modified: 09 Apr 2016 18:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24213

    Actions (login required)

    View Item