PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL (VIDEO TUTORIAL) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR BENTUK PADA SISWA KELAS VII A DI SMP NEGERI 1 JUMANTONO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2015/2016

Jati, Priyandhika Reksa (2016) PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL (VIDEO TUTORIAL) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR BENTUK PADA SISWA KELAS VII A DI SMP NEGERI 1 JUMANTONO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (164Kb) | Preview

    Abstract

    Priyandhika Reksa Jati, PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL (VIDEO TUTORIAL) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR BENTUK PADA SISWA KELAS VII A DI SMP NEGERI 1 JUMANTONO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, 2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan meningkatkan hasil belajar menggambar bentuk siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Jumantono dengan menggunakan media audio visual (video tutorial). Untuk mengukur ketercapaian keberhasilan penelitian ini, digunakan tolak ukur (indikator keberhasilan) pada siklus tindakan terakhir sekurang-kurangnya 75% siswa mendapat nilai tuntas 75 pada hasil belajar (kognitif, afektif, psikomotor). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli hingga bulan Desember 2015 di SMP Negeri 1 Jumantono dengan subjek penelitian siswa kelas VII A yang berjumlah 32 siswa. Prosedur penelitian ini dilaksanakan selama tiga siklus yang setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sumber data yang digunakan adalah dokumen, tes, informan, tempat dan peristiwa. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Uji validitas data yang digunakan adalah member chek atau review key informant. Analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual (video tutorial) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Jumantono dalam pembelajaran menggambar bentuk. Dilihat dari persentase peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II dan siklus III pada aspek afektif adalah 71,87% meningkat ke 84,37% menjadi 90,62%. Pada aspek kognitif adalah 32,25% meningkat ke 81,25% menjadi 87,5%. Pada aspek psikomotor adalah 53,12% meningkat ke 71,87% menjadi 81,25%. Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media audio visual (video tutorial) dalam pembelajaran meningkatkan hasil belajar menggambar bentuk siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Jumantono tahun ajaran 2015/2016.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Seni Rupa
    Depositing User: satria mahendra
    Date Deposited: 09 Apr 2016 18:37
    Last Modified: 09 Apr 2016 18:37
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24211

    Actions (login required)

    View Item