HUBUNGAN INTENSITAS BERMAIN VIDEO GAME DENGAN KAPASITAS MEMORI KERJA PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN DI SURAKARTA

Palupi, Pratiwi Indah (2016) HUBUNGAN INTENSITAS BERMAIN VIDEO GAME DENGAN KAPASITAS MEMORI KERJA PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN DI SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (627Kb) | Preview

    Abstract

    Pratiwi Indah Palupi, G0012162, 2015. Hubungan Intensitas Bermain Video Game dengan Kapasitas Memori Kerja pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran di Surakarta. Latar Belakang: Meningkatnya popularitas video game telah menarik kalangan peneliti untuk melakukan penelitian mengenai efek dari video game. Penelitian mengenai efek positif dari bermain video game menunjukan adanya peningkatan fungsi kognitif yaitu memori kerja. Kapasitas memori kerja merupakan konsep dasar dalam psikologi kognitif modern yang memegang peranan penting dalam melakukan aktivitas sehari-hari, akademik, dan profesional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara intensitas bermain video game dengan kapasitas memori kerja pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross-sectional, dilaksanakan di Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta. Sampel terdiri dari 109 mahasiswa yang diambil dengan teknik total sampling dengan restriksi kriteria inklusi dan eksklusi. Semua responden diminta mengisi kuesioner Lie Scale Minnesota Mu ltiphasic Personality Inventory (L-MMPI) untuk menilai tingkat kejujurannya, Scale for the Assessment of Pathological Computer-Gaming (CSV-S) untuk mengukur intensitas bermain video game, dan Reading span test untuk mengukur kapasitas memori kerja. Metode analisis yang digunakan adalah uji chi square dan regresi logistik. Hasil Penelitian: Terdapat 20 mahasiswa (18,3%) yang bermain video game dengan intensitas kuat dan memiliki kapasitas memori kerja tinggi. Dari analisis data dengan chi square didapatkan p=0,000 dengan Odds Ratio 16,364. Dari hasil analisis data dengan uji regresi logistik variabel intensitas bermain video game merupakan faktor risiko dan variabel yang paling signifikan terhadap tingkat kapasitas memori kerja. Simpulan: Intensitas bermain video game memiliki hubungan positif terhadap kapasitas memori kerja pada Mahasiswa Program Studi Kedokteran Universitas Sebelas Maret.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Kedokteran
    Depositing User: satria mahendra
    Date Deposited: 09 Apr 2016 18:38
    Last Modified: 09 Apr 2016 18:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24210

    Actions (login required)

    View Item