PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING MELALUI GRUP INVESTIGASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH BAGI SISWA KELAS XI IPA 3 SMA NEGERI 1 SAMPANG KABUPATEN CILACAP SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2014-2015

CAHYONO, AGUNG (2016) PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING MELALUI GRUP INVESTIGASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH BAGI SISWA KELAS XI IPA 3 SMA NEGERI 1 SAMPANG KABUPATEN CILACAP SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2014-2015. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (512Kb) | Preview

    Abstract

    PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING MELALUI GRUP INVESTIGASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH BAGI SISWA KELAS XI IPA 3 SMA NEGERI 1 SAMPANG KABUPATEN CILACAP PADA SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2014-2015 Agung Cahyono1, Sunardi2, Samsi Haryanto3 Program Studi Magister Pendidikan Sejarah Universitas Sebelas Maret Surakarta. Agungcahyono406@yahoo.co.id Abstrak Model pembelajaran problem based learning melalui grup investigasi merupakan suatu model pembelajaran perpaduan antara model pembelajaran berbasis masalah yang diselesaikan melalui kegiatan grup investigasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penerapan model pembelajaran problem based learning melalui grup investigasi dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar sejarah siswa kelas XI IPA 3 SMA N 1 Sampang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) terdiri dari tiga siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas XI IPA 3 SMA N 1 Sampang sebanyak 39 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dokumentasi, angket dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan hasil jawaban angket minat belajar yang diberikan kepada siswa pada siklus I dapat diketahui bahwa jumlah skor rata-rata sebesar 76,21 dan ketuntasan klasikal 61,54%, siklus II jumlah skor rata-rata sebesar 92,03 dan ketuntasan klasikal 100%, dan siklus III jumlah skor rata-rata sebesar 97,95 dan ketuntasan klasikal 100%. Sedangkan hasil belajar siswa hasil post test, siklus I rata-rata sebesar 74,74 dengan pencapaian ketuntasan sebesar 61,54%, siklus II rata-rata sebesar 79,49 dengan pencapaian ketuntasan sebesar 74,36%, siklus III rata-rata sebesar 86,92 dengan pencapaian ketuntasan sebesar 100%. Penerapan model pembelajaran problem based learning melalui grup investigasi mampu meningkatkan minat dan prestasi belajar karena memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpikir kritis terhadap suatu pokok permasalahan dan menemukan suatu konsep secara langsung dari hasil analisis. Siswa terlibat dalam proses discovery (penemuan), yang mendorong untuk membangun konsep secara progresif melalui investigasi kelompok. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan model pembelajaran problem based learning melalui grup investigasi dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar sejarah siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Sampang. Kata kunci: problem based learning, grup investigasi, minat siswa, prestasi belajar.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 07 Apr 2016 19:35
    Last Modified: 07 Apr 2016 19:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24201

    Actions (login required)

    View Item